Cara Jitu Bersihkan Plafon Rumah

Cara Jitu Bersihkan Plafon Rumah

Sabtu, 10 Februari 2018 07:41 Eris Kuswara Inspirasi


Rumah Bersih Dapat Ciptakan Kesan Nyaman

Koropak.co.id - Membersihkan rumah secara rutin merupakan salah satu cara untuk membuat rumah tersebut selalu terasa nyaman untuk dihuni. Rumah yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya akan membuat tidak nyaman, juga akan memberi dampak buruk pada penghuni rumah. Sehingga dengan membersihkan seluruh bagian rumah, termasuk pada bagian langit-langit atau plafon ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan cara jitu dalam membersihkan plafon atau langit-langit pada rumah agar setiap bagian rumah dapat terjaga kebersihannya. Karena pasalnya sering kali bagian langit-langit atau plafon rumah ini menjadi salah satu bagian yang terlewatkan saat melakukan aktivitas membersihkan rumah.

Perlu Anda ketahui bahwa plafon rumah ini juga termasuk elemen rumah yang mudah kotor atau terkena noda, bukan hanya debu, namun juga sarang laba-laba atau kotoran hewan lainnya. Agar rumah tampak terlihat selalu bersih, berikut Koropak akan memberikan cara jitu dalam membersihkan plafon rumah.

Cara Jitu Bersihkan Plafon Rumah

1. Kenali jenis plafon yang digunakan
Sebelum mulai langkah untuk membersihkan plafon rumah, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui jenis atau material yang digunakan pada plafon tersebut. Mengingat beberapa jenis material atau bahan plafon tersebut membutuhkan perawatan yang berbeda. Sehingga jika Anda mengenal terlebih dahulu material plafon tersebut maka dapat menghindari kesalahan dalam membersihkan plafon, yang justru akan membuatnya menjadi mudah rusak.

2. Bersihkan kotoran yang ringan terlebih dahulu
Mungkin dari berbagai kotoran yang menempel pada plafon rumah, terdapat jenis kotoran yang ringan dan mudah untuk dibersihan ataupun sebaliknya. Anda bisa mulai membersihkannya mulai dari kotoran yang ringan, seperti debu dan sarang laba-laba kemudian dilanjutkan dengan membersihkan kotoran yang membandel. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan sapu bergagang panjang khusus plafon.

Cara Jitu Bersihkan Plafon Rumah

3. Gunakan alat pembersih tambahan
Beberapa kotoran pada plafon susah untuk dibersihkan, seperti jamur atau kotoran hewan. Pada kotoran seperti ini tidaklah cukup dibersihkan menggunakan sapu bergagang panjang biasa, tetapi Anda bisa mencoba untuk membersihkannya menggunakan kape scrap dan amplas. Namun pastikan terlebih dahulu untuk menggosoknya tidak terlalu kasar agar tidak meninggalkan bekas goresan.

4. Lapisi ulang plafon dengan cat
Apabila Anda membersihkan kotoran tersebut menggunakan kape scrap atau amplas belum bisa menghilangkan noda, mungkin cara lainnya yang ampuh adalah dengan cara mengecat ulang plafon tersebut. Sehingga jika memang dibutuhkan cat ulang, pastikan terlebih dahulu untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.*

Berita Terkait