Inspirasi Pengganti Kayu Asli yang Ramah Lingkungan

Inspirasi Pengganti Kayu Asli yang Ramah Lingkungan

Minggu, 03 November 2019 17:54 Eris Kuswara Inspirasi



Koropak.co.id - Penggunaan kayu untuk desain interior atau eksterior rumah sudah banyak diterapkan sejak lama. Bahkan penggunaan kayu-kayu tersebut pada umumnya sering menggunakan material kayu asli. Namun dengan meningkatnya penggunaan kayu, ternyata turut mempengaruhi harganya yang kini semakin melambung.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang banyak dilakukan saat ini, membuat kayu sebagai material rumah itu kini mulai banyak diganti dengan material alternatif dan salah satunya dengan pengaplikasian kayu komposit. Berikut Koropak telah merangkum beberapa kelebihan yang dimiliki kayu komposit yang cocok bagi desain interior maupun eksterior rumah.

1. Tampak cantik seperti kayu asli
Meskipun kayu komposit merupakan material pengganti kayu, namun pengaplikasiannya pada rumah juga ternyata dapat membuat dekorasi rumah menjadi tampak cantik, elegan dan menawan seperti halnya dengan mengaplikasikan kayu asli.

 

2. Perawatan yang mudah
Salah satu kelebihan dari penggunaan kayu komposit adalah proses perawatannya yang mudah. Selain itu, jika ada kotoran atau noda yang tumpah dan mengenai lapisan kayu komposit, kamu tidak perlu khawatir noda tersebut akan meninggalkan bekas karena bisa dibersihkan dengan mudah. Terlebih lagi jika kamu memilih produk kayu komposit yang tidak menyerap cairan.

 

Koropak.co.id - Inspirasi Pengganti Kayu Asli Yang Ramah Lingkungan

 

Baca : Ketahui Perbedaan Material Marmer Dan Granit

3. Kayu Komposit yang mudah dipasang
Salah satunya yang menjadi keuntungan dalam penggunaan kayu komposit pada sebuah hunian adalah sifatnya yang mudah dipasang. Bahkan bukan hanya dapat diaplikasikan dengan mudah di lantai, kayu komposit ini juga ternyata bisa diaplikasikan pada berbagai area seperti pada dinding, plafon dan lainnya.

 

4. Bebas rayap
Diketahui, salah satu yang menjadi kekurangan dalam pengaplikasian material kayu asli pada sebuah hunian adalah mudah diserang rayap. Namun berbeda dengan penggunaan kayu komposit, karena material ini cenderung lebih aman dan tahan rayap. Sehingga membuatnya menjadi lebih aman untuk digunakan dalam sebuah hunian, baik pada desain interior maupun eksterior.

 

5. Tahan berbagai cuaca
Kelebihan lainnya dari kayu komposit adalah bahannya yang tahan terhadap berbagai macam cuaca. Dengan demikian sangat cocok sekali jika digunakan pada desain eksterior. Contohnya kamu bisa menggunakan wall cladding untuk desain eksterior sebuah hunian. Bukan hanya tahan menghadapi berbagai cuaca, tampilan dari material ini juga layaknya seperti kayu alami dan mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama.*

 

Baca pula : Ragam Material Jalan Setapak

 

Berita Terkait