Kiat Jitu Buat Ruangan Tetap Sejuk Tanpa AC

Kiat Jitu Buat Ruangan Tetap Sejuk Tanpa AC

Minggu, 19 Januari 2020 15:13 Eris Kuswara Inspirasi



Koropak.co.id - Meskipun sudah memasuki musim penghujan, namun di sebagian daerah di Indonesia dalam beberapa hari terakhir ini mengalami suhu udara yang panas. Sehingga untuk mengantisipasinya diperlukan sesuatu yang sejuk mulai dari minuman segar hingga mendinginkan ruangan dengan AC.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Minggu (19/1/2020) meski demikian, membeli AC bukanlah sesuatu yang murah. Karena tidak semua orang bisa merasakannya di rumah. Sehingga salah satu cara yang paling umum adalah dengan menggunakan kipas angin. Namun disini kami memiliki tips lain yang bisa membuat rumahmu selalu sejuk.

 

1. Gunakan cat berwarna cerah
Cara pertama untuk mendinginkan ruangan tanpa AC adalah pemilihan warna cat yang tepat untuk tembok rumah. Penggunaan cat berwarna cerah pada sebuah ruangan, diketahui akan memberikan efek yang menyejukkan. Kamu bisa memilih warna-warna seperti putih, kuning, atau pastel yang berfungsi memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan tidak akan terasa panas.

2. Gunakan tirai yang tebal
Kamu juga bisa menggunakan tirai yang tebal untuk menghalau sinar matahari yang masuk secara berlebihan. Dengan demikian, suhu yang ada pada ruangan pun secara otomatis akan menurun secara alami. Namun, untuk memberikan efek terbaik, kamu bisa memilih tirai berwarna netral dengan pelapis plastik putih yang mampu mengurangi suhu panas hingga 33 persen.


3. Cerdas dalam penggunaan lampu
Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila mematikan lampu itu bisa menurunkan suhu pada ruangan. Oleh karena itu seringlah untuk mematikan lampu ruangan, terutama pada siang hari. Namun, jika kamu tidak suka gelap, maka pada malam hari kamu bisa menggunakan lampu meja yang sedikit redup serta memiliki jumlah watt yang kecil.

 

Koropak.co.id - Tips Buat Ruangan Tetap Sejuk Tanpa AC (2)

 

Baca : Hilangkan Stres Dengan Membangun Kolam Ikan Depan Rumah

 

4. Memasang exhaust fan
Cara selanjutnya untuk mendinginkan ruangan adalah dengan memasang exhaust fan. Kamu bisa memasang exhaust fan di ruang dapur dan kamar mandi. Diketahui, benda ini sendiri berfungsi untuk menarik uap udara agar keluar rumah saat mandi dan menarik udara panas setelah memasak.

 

5. Ganti seprai dan sarung bantal
Cara lainnya untuk mendinginkan ruangan dan bisa diterapkan di kamarmu adalah dengan mengganti seprai dan sarung bantal dengan bahan yang lebih sejuk. Kamu bisa memilih seprai dari bahan katun yang lebih sejuk sehingga permukaannya akan tetap dingin. Gunakanlah juga bantal berisi kulit dari gandum atau buckwheat yang memiliki kelebihan bisa menahan panas tubuh kita bahkan jika dilapisi sarung sekalipun.

 

6. Jangan terlalu banyak menyimpan barang
Selanjutnya hindarilah untuk menumpuk terlalu banyak barang dalam ruangan, karena sebuah ruangan yang penuh dengan barang itu akan membuatnya terlihat sumpek, terlebih lagi jika barang yang disimpan tidak berguna. Sehingga, agar ruangan semakin sejuk, sortirlah barang-barang yang tidak digunakan.*

 

Baca pula : Buat Hunian Semakin Cantik Dengan Hiasan Pot Gantung

 

Berita Terkait