Ketahui Langkah Membuat Taman Vertikal Impian di Rumah

Ketahui Langkah Membuat Taman Vertikal Impian di Rumah

Minggu, 02 Februari 2020 17:26 Eris Kuswara Exterior



Koropak.co.id - Memiliki sebuah taman di rumah, tentunya menjadi impian bagi setiap orang yang gemar melakukan aktivitas berkebun. Di era saat ini, terdapat banyak model taman rumah yang bisa kamu terapkan mulai dari taman kering dan taman basah. Namun, jangan sampai lupa juga untuk selalu mempertimbangkan luas lahan yang kamu miliki.

Salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat desain taman vertikal pada dinding rumahmu. Berikut Koropak telah menyiapkan langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum membuat taman vertikal di rumah.

1. Memilih tema yang kamu sukai
Pilihlah tema taman vertikal yang sesuai dengan tema desain rumah yang kamu miliki. Karena terdapat beberapa tema taman vertikal yang bisa dipakai seperti tema klasik, modern, tradisional dan gaya tropis.

 

2. Menentukan dinding yang cocok
Langkah kedua, mulailah untuk memilih dinding yang cocok dan akan dijadikan sebagai taman vertikal impianmu. Pilihlah dinding atau tembok yang dirasakan kuat untuk bisa menopang beban tanaman yang nantinya akan dijadikan sebagai taman vertikal.

 

3. Memilih tanaman dengan cermat
Pada saat memilih tanaman yang akan kamu tanam di taman vertikal impianmu, pilihlah jenis tanaman yang sesuai dan tahan terhadap cuaca dan iklim. Selain itu, usahakanlah untuk menghindari menanam tanaman merambat. Karena ketika tanaman tersebut tumbuh, akan sulit dikendalikan arah pertumbuhannya dan bisa meluas ke mana-mana.

 

Koropak.co.id - Ketahui Langkah Membuat Taman Vertikal Impian di Rumah (2)

 

Baca : Trik Sederhana Percantik Taman Mungil

4. Buatlah frame yang sesuai dengan ukuran dinding taman vertikal
Selanjutnya adalah membuat struktur dasar dari sebuah taman vertikal yaitu frame. Frame ini adalah sebuah rangka yang nantinya akan menopang plastik, kain dan juga tanamanmu. Ukur keseluruhan ukuran rangka secara tepat dan presisi, sehingga kedepannya kamu bisa menghindari masalah yang tidak diinginkan.

 

5. Memasang terpal plastik
Setelah membuat frame, pasanglah terpal plastik yang berguna untuk melapisi dinding rumahmu sebelum frame dipasangkan pada dinding. Plastik tersebut akan sangat berguna untuk melindungi dinding rumahmu dari masuknya akar tanaman dan merembesnya air pada dinding.

 

6. Memasang kain yang sesuai dengan taman
pilihlah kain yang tidak terlalu rapat dan memiliki jahitan yang cukup renggang, sehingga ada celah untuk tanaman bernapas. Selanjutnya, isi kain dengan tanah hingga seukuran dengan ukuran frame yang sudah kamu pasang sebelumnya. Selain itu, kain tersebut berfungsi layaknya pot pada tanaman.

 

7. Buat sistem drainase air yang baik
Sebuah taman vertikal membutuhkan sistem drainase yang baik agar tumbuhan bisa tumbuh dengan subur. Bahkan sistem drainanse yang baik itu juga akan membantu tanaman tumbuh dengan sehat. Karena pada taman vertikal, drainase ini memiliki peranan penting yang berfungsi untuk menjaga kain berisi tanaman tetap terjaga dan lembap.*

 

Baca pula : Tips Aplikasikan Taman Kering Ala Jepang