Buat Hunian Nyaman Dengan Cermat Memilih Gorden

Buat Hunian Nyaman Dengan Cermat Memilih Gorden

Senin, 30 Maret 2020 06:47 Erni Nur'aeni Interior


 

Koropak.co.id - Di masa-masa social distancing sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona, tentunya akan menjadi sebuah kejenuhan jika tidak memiliki aktivitas di rumah. Namun, tidak ada salahnya jika mencoba mendekor ulang tata ruang tamu, atau bahkan membersihkan ruangan dengan menyemprotkan disinfektan.

Jangan sampai terlewat, dalam menyemprotkan cairan disinfektan, semprot pula gorden, meski berfungsi sebagai pemercantik ruangan, namun hal itu menjadi penting agar ruangan benar-benar steril.

Bicara soal gorden, tentu berbicara soal kain panjang yang menutupi jendela yang berfungsi penghalang cahaya luar yang masuk ke dalam rumah. Di era saat ini, gorden juga berperan sebagai salah satu faktor untuk memperindah ruangan dan membuat rumah kian nyaman ditinggali.

Namun, dalam memilih gorden, ada beberapa hal yang perlu dijadikan catatan seperti yang sudah Koropak rangkum ulasannya berikut ini.

Saat ini banyak motif atau corak gorden yang dapat dipilih sesuai keinginan pemilik. Namun, yang paling utama harus diperhatikan adalah dari segi pemilihan kain. Materi kain akan menentukan kebermanfaatan gorden, juga lama usia pemakaian gorden.

Jika materi gorden terlalu tebal, maka gorden tersebut akan sulit ditata sedangkan jika terlalu tipis maka akan sulit untuk meluruskan dan merapikan secara horizontal.

Banyak pilihan materi kain untuk gorden yang dapat menambah suasana hangat ataupun sebaliknya, membuat suhu rumah sejuk. Bahkan tidak sedikit hotel yang menggunakan materi kain suede atau velvet sebagai bahan tirai sebab dapat menghalau sinar dan menghangatkan ruangan.

 

Koropak.co.id - Buat Hunian Nyaman Dengan Cermat Memilih Gorden

 

Baca : Ventilasi Udara Dalam Rumah Antisipasi Terpapar Virus Corona

 

Perlu diingat, terpaan sinar matahari dapat memudarkan warna kain, sehingga untuk ruangan yang terkena cahaya matahari langsung secara konstan, lebih baik hindari pemilihan warna terang karena akan lebih cepat memudar. Alangkah baiknya memilih wana lebih netral seperti warna gading.

Sebelum memesan sebuah gorden, terlebih dahulu harus mengukur tinggi gorden di atas jendela. Memasang gorden lebih tinggi daripada jendela akan menciptakan suasana ruangan yang tinggi. Oleh sebab itu desainer interior memilih untuk memasang gorden 15 cm di atas jendela supaya ruangan lebih besar.

Untuk membuat suasana ruangan yang lebih hidup, bisa membuat mengkreasikan gorden dengan tema tertentu yang disesuaikan dengan dekorasi ruang tamu. Misalnya menyamakan warna gorden dengan corak pada sarung bantal kursi, sehingga menciptakan kesan rapih serta akan memunculkan sisi kreatif penghuni rumah.

Namun perlu dicatat pula, hindari memilih motif yang terlalu ramai agar terhindar dari kesan berlebihan dan sesak dalam ruangan.*

 

Baca Juga : Wallpaper Hilangkan Kesan Bosan Di Kantor

Berita Terkait