Tanaman Hias Dalam Ruangan Mampu Ciptakan Suasana Rileks Dan Segar

Tanaman Hias Dalam Ruangan Mampu Ciptakan Suasana Rileks Dan Segar

Minggu, 21 Juni 2020 07:30 Eris Kuswara Inspirasi


 

Koropak.co.id - Kehadiran tanaman hias dalam ruangan tertutup, selain dapat mempercantik tampilan ruangan juga bersifat sebagai antipolutan yang memiliki manfaat untuk memperbaiki kualitas udara sehingga suasana rileks pun akan tercipta berkat udara segar yang dihasilkan oleh tanaman hias itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Minggu (21/6/2020), dalam pemeliharaannya, tanaman hias di dalam ruangan membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan tanaman hias yang di tempatkan di luar ruangan. Agar tidak cepat layu, berikut beberapa perawatan yang dibutuhkan oleh tanaman hias dalam ruangan.

1. Jangan terlalu sering menyiram tanaman hias di dalam ruangan
Perlu diketahui bahwa menyiram tanaman hias dalam ruangan itu tidak harus dilakukan setiap hari. Sebab, jika tanahnya masih dalam kondisi yang lembab, maka tanaman hias dalam ruangan tersebut masih dalam kondisi yang cukup air. Selain itu, tanah yang terendam air juga dapat menyebabkan pembusukkan akar. Oleh karena itu, kamu bisa menyiram tanaman hias dalam ruangan ketika tanahnya sudah mulai mengering.


(Ide Kreatif Menghias Dinding Ruangan)


2. Pastikanlah untuk mendapatkan pencahayaan alami yang cukup
Meskipun kamu sudah memilih jenis tanaman hias yang mampu bertahan dalam kondisi minim cahaya matahari, akan tetapi tanaman hias dalam ruangan juga masih tetap membutuhkan pasokan cahaya matahari alami yang cukup agar tetap tumbuh subur. Kamu juga bisa memindahkan tanaman hias tersebut ke luar ruangan paling tidak dua minggu sekali.

 

(Hias Meja Kerjamu Dengan Tanaman Hias)


3. Mengatur suhu udara di dalam ruangan agar tetap lembab
Tanaman hias dalam ruangan juga ternyata berisiko menderita kekeringan dikarenakan adanya penurunan suhu dan tingkat kelembapan. Terlebih lagi jika tanaman hias itu ditempatkan di dalam ruangan dengan pendingin ruangan. Maka, beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan ideal di dalam ruangan, salah satunya dengan menempatkan pot di atas wadah lepek yaitu wadah yang diisi campuran air, pasir, dan kerikil.

 

(Tanaman Hias Dengan Pot Gantung)


4. Melakukan pemupukkan secara rutin
Setelah memastikan tanaman hias dalam ruangan itu mendapatkan pencahayaan alami yang optimal dan tumbuh dalam kondisi lembab, maka kamu harus memberikannya pupuk untuk meningkatkan nutrisi tanaman hias dengan melakukan pemupukkan. Pemupukkan yang baik, sebaiknya dilakukan di awal atau tepat saat musim penghujan. Karena saat itu, tanaman akan tumbuh lebih aktif dibandingkan dengan musim kemarau.

 

(Buat Hunian Semakin Cantik Dengan Hiasan Pot Gantung)


5. Pangkas tanaman agar tampilannya tetap rapi
Tanaman hias dalam ruangan yang tumbuh terlalu tinggi dan lebat juga pastinya kurang enak dipandang mata. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pemangkasan secara rutin sehingga tanaman hias dalam ruangan tidak menganggu pandangan dan aktivitas pemilik rumah. Namun perlu diketahui juga bahwa bagian tanaman yang dipangkas itu haruslah bagian yang dapat dikontrol pertumbuhannya, seperti ranting, batang dan daun.

 

(Tanaman Hias Untuk Teras Rumah


6. Mengganti media tanam dan repotting
Penggantian media tanam juga perlu dilakukan, dikarenakan seringkali kondisinya berubah menjadi terlalu lembab atau kering sehingga membuat tanaman hias tidak mampu menyuplai nutrisi secara optimal ke seluruh bagian tubuh tanaman. Gunakanlah media tanam yang mengandung banyak material organik dan mampu mengikat air dengan sempurna.*

 

(Mawar Indah Ahli Tanaman Hias dan Taman)

Berita Terkait