Ingin Kredit Tanpa Bunga? Begini Cara Dapat Pinjaman Kredit Mesra

Ingin Kredit Tanpa Bunga? Begini Cara Dapat Pinjaman Kredit Mesra

Rabu, 22 Juli 2020 20:31 D. Farhan Kamil Perbankan



Koropak.co.id - Manajer UMKM Bank Jabar Cabang Singaparna, Risman Hardiana mengatakan, kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) sebagai salah satu produk BjB saat ini, diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro yang berada di sekitar rumah ibadah di Jawa Barat.

Kredit diberikan kepada perorangan yang dibentuk menjadi satu kelompok dengan beranggotakan 5 sampai dengan 10 orang, sebelumnya mengikuti pelatihan yang diselenggarakan BjB.

"Prosesnya tidak sulit, pemohon mendatangi rumah ibadah kemudian pengurus rumah ibadah menghubungi BjB. Nanti petugas dari BjB akan melakukan sosialisasi baik kepada jemaah maupun pengurus rumah ibadah tersebut," kata Risman, seusai acara diskusi bersama Ketua dan jajaran pengurus PD DMI Kabupaten Tasikmalaya di Kantor DMI Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (21/7/2020).

 

Koropak.co.id - Ingin Kredit Tanpa Bunga Begini Cara Dapat Pinjaman Kredit Mesra

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Dukung BJB Mesra

 

Adapun persyaratan yang wajib dipenuhi para pemohon terang dia, antara lain KTP, KK, surat nikah, surat keterangan dari pengurus tempat ibadah, mengikuti pelatihan keuangan mikro yang diselenggarakan BjB, membuka tabung di BjB dan berada dalam kelompok jamaah tempat ibadah.

"Setelah persyaratan tersebut dipenuhi, kami akan melakukan seleksi berdasarkan hasil pelatihan dan analisa kelayakan. Selanjutnya akad dan pencairan," ujarnya.

Tidak sampai disitu, BjB akan terus mengawal dan memantau pergerakan usaha jemaah, melalui pelatihan dan pendampingan debitur.

Adapun untuk plafon kredit Mesra ini, yaitu mulai Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta per orang dalam jangka waktu 6 hingga 12 bulan. "Kredit ini tanpa agunan dan tanpa bunga. Pemohon hanya membayar satu kali biaya administrasi sebesar 8 persen untuk pinjaman dengan jangka waktu 6 bulan dan 9,5 persen untuk yang 12 bulan. Untuk pembayaran angsuran dilakukan per bulan," tuturnya.*

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Dorong BJB Perluas Akses Permodalan Ke Masyarakat


Berita Terkait