Rekomendasi Tanaman Hias Daun Merah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot Kecil

Rekomendasi Tanaman Hias Daun Merah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot Kecil

Sabtu, 12 Desember 2020 12:00 Eris Kuswara Inspirasi


 

Koropak.co.id - Tidak hanya dapat menyegarkan rumah, ternyata merawat tanaman hias juga bisa sebagai media dalam mempercantik ruangan. Selain itu, jika tanaman hias tersebut dirawat dengan baik, dia bisa tumbuh lebih subur dan tahan lama. Sementara itu, bagi kalian yang ingin merawat tanaman hias di dalam rumah, maka kamu harus menyediakan pot sebagai tempat menanamnya.

Diketahui, saat ini juga sudah ada banyak sekali pilihan ukuran pot tanaman hias, mulai dari ukuran yang besar hingga yang kecil. Bagi kamu yang memiliki rumah berukuran kecil dengan kapasitas ruangan yang terbatas, maka disarankan untuk menggunakan tanaman hias dalam pot kecil. Karena, hal itu akan memberikan kesan hunian yang indah dan minimalis.

Tanaman hias di dalam rumah itu juga ternyata tidak selalu harus bernuansa hijau. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba merawat jenis tanaman hias dengan daun berwarna merah untuk mempercantik hunian. Warna dedaunan yang berwarna merah mencolok ini juga tentunya akan memberikan kesan rumah yang lebih hidup. Berikut rekomendasi tanaman hias daun merah yang cocok ditanam dalam pot kecil sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (12/12/2020).

1. Bayam merah
Iresine herbtii atau yang lebih dikenal dengan nama tanaman hias bayam merah ini sangat cocok sekali untuk menjadi pemanis ruangan. Tanaman hias ini juga memiliki variasi ukuran yang beragam, mulai dari yang berukuran kecil hingga sedang. Namun, tentunya bayam merah ukuran kecil dapat menjadi pilihan tepat untuk ditanam di dalam pot. Selain itu, tanaman hias asal Amerika Selatan ini juga terkenal karena dedaunannya yang berwarna merah menyerupai darah, sehingga sering disebut juga sebagai daun darah.

 

2. Fittonia
Fittonia ini sering dijadikan sebagai tanaman hias indoor untuk mempercantik ruangan, karena tanaman hias ini memiliki tulang daun berwarna merah yang cantik. Diketahui, tanaman hias ini berukuran kecil dan berakar lunak, sehingga sangat cocok sekali ditanam pada pot berukuran kecil yang manis. Meskipun tanaman hias ini tumbuh menjalar, namun pertumbuhan fittonia cenderung lambat. Fittonia juga membutuhkan perawatan ekstra dan harus disimpan ditempat yang cukup terang.

 

3. Bromelia merah
Tanaman hias ini memiliki daun pipih memanjang dengan warna hijau yang bisa berubah menjadi merah yang terang menutupi keseluruhan daun dan membuat tampilannya semakin eksotik untuk ruangan. Bromelia merah juga bisa ditanam di dalam ruangan sebagai tanaman dalam pot. Namun, tanaman hias ini harus ditempatkan di lingkungan yang terang dan hangat. Sehingga warna merahnya akan tampak menyala dengan indah karena mendapatkan juga sinar matahari yang cukup.

 

4. Sambang darah
Untuk tanaman hias berdaun merah lainnya yang bisa dirawat adalah sambang darah yang sempat populer beberapa waktu lalu. Corak dan warna yang unik pada daunnya ternyata menjadi daya tariknya tersendiri. Selain itu, tanaman hias ini juga memiliki kayu keras dan sangat adaptif. Selain memancarkan keindahan, sambang darah bisa juga dijadikan tanaman herbal. Karena dipercaya tanaman hias itu mampu membunuh parasit dan menghentikan pendarahan.

 

5. Poinsettia
Poinsettia atau kastuba berhasil menjadi salah satu tanaman hias populer, dikarenakan tanaman hias ini memiliki daun berwarna merah cerah yang mencolok. Sehingga tanaman hias itu dapat mempercantik dan membuat suasana ruangan menjadi ceria. Agar tumbuh dengan subur, maka tempatkanlah kastuba di dekat jendela yang cerah. Sebab, tanaman tropis yang satu ini menyukai sinar matahari langsung sebanyak yang bisa diberikan.*

 

Berita Terkait