Trik Mendekorasi Ruang Tamu Sempit Agar Terasa Lebih Luas

Trik Mendekorasi Ruang Tamu Sempit Agar Terasa Lebih Luas

Rabu, 16 Desember 2020 19:38 Annika Interior




Koropak.co.id - Mendekorasi ruang tamu dengan luas yang kecil, tentunya menjadi salah satu tantangan tersendiri. Karena, selain harus memilih pewarnaan dinding agar tidak terkesan sempit, pemilihan furniture juga menjadi poin penting dalam mendekorasi ruang tamu yang kecil tersebut.

Selain itu, ruang tamu yang hangat dan nyaman tetapi juga cantik dalam penataannya tentu menjadi idaman bagi para penghuni rumah masa kini. Bagi kamu yang hanya mempunyai ruang tamu kecil, berikut beberapa tips agar membuat ruang tamu yang sempit itu menjadi tampak terlihat lebih luas sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (16/12/2020).

1. Furnitur multifungsi


Untuk ruang tamu kecil, sebaiknya kamu memilih furniture yang memiliki dua fungsi atau multifungsi yakni bisa dijadikan sebagai furnitur dan mempunyai fungsi lainnya seperti menjadi tempat penyimpanan. Pilihlah juga kursi yang berlapis kain yang berfungsi sebagai meja sesekali atau tempat duduk tambahan sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca : Trik Jitu Mendekorasi Ruang Tamu

2. Memanfaatkan dinding


Desain furniture penyimpanan individu seperti rak buku, unit TV, lemari dan lainnya dapat mengisi ruang tamu kecil serta membuat area tempat duduk menjadi sempit. Sehingga untuk mengatasinya, kamu bisa membuat satu rak yang berfungsi sebagai penyimpanan di bagian dinding. Selain itu, pilihlah juga desain modular yang memiliki kemungkinan bisa menggabungkan kombinasi penyimpanan terbuka dan tertutup yang sesuai dengan apa yang perlu disimpan dan ditampilkan.

3. Bahan terbaik untuk ruangan kecil


Perlu diketahui bahwa furniture kayu berwarna gelap lebih terlihat berat apabila disimpan di ruangan yang kecil. Oleh karena itu, sebagai alternatifnya, pilihlah furnitur kayu cat yang berwarna putih, krem, atau abu-abu muda. Pertimbangkan juga rak yang di cat warna yang sama dengan dinding. Sehingga hal itu dapat memberikan kesan luas.

4. Memilih gaya furnitur yang cocok


Tidak hanya peletakan furniture, bentuk material juga dapat membantu ruangan menjadi lebih luas. Sehingga carilah furnitur yang memiliki dimensi kecil serta tidak terlalu besar dan berat. Untuk ruangan kecil, maka pengaplikasian sofa dan kursi berkaki ramping bisa menjadi pilihan yang paling cocok.

5. Tata letak


Sofa sudut atau berbentuk L ternyata terbukti lebih bisa menghemat ruang dibandingkan dengan kombinasi sofa dan kursi. Pilihlah furniture yang bisa di atur secara simetris untuk ruangan kecil, bahkan untuk sofa dan coffee table yang ditempatkan di tengah meja samping juga kedua sisinya akan terasa tertata dan menarik.*

 

Baca pula : Trik Desain Dinding Ruang Tamu Minimalis