Kenali Berbagai Masalah Pada Tanaman Hias di Musim Hujan dan Cara Mengatasinya

Kenali Berbagai Masalah Pada Tanaman Hias di Musim Hujan dan Cara Mengatasinya

Minggu, 27 Desember 2020 22:04 Eris Kuswara Inspirasi


 

Koropak.co.id - Para pecinta tanaman atau plant lovers, sudahkah kamu mengenal karakter dan juga cara merawat tanaman hias kesayanganmu? Pastinya kamu juga menginginkan agar tanaman hiasmu itu bisa tumbuh dengan rimbun, sehat dan subur.

Namun, jika kamu melakukan kesalahan pada saat merawatnya, maka tanaman hias itu pun akan layu hingga menimbulkan berbagai masalah.

Sehingga, untuk mengetahui apa saja masalah yang umum sering terjadi pada tanaman hias apalagi di musim penghujan. Maka, berikut beberapa masalah yang biasanya terjadi pada tanaman hias sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (26/12/2020).

1. Terkena hama
Hama tentunya menjadi salah satu musuh terbesar bagi para pecinta tanaman hias terutama di musim hujan. Selain itu hama pada tanaman hias itu sendiri ada banyak macamnya. Namun yang paling banyak dikeluhkan pecinta tanaman hias adalah hama kutu putih, kutu sisik atau scale, ulat dan belalang.

Untuk mengobatinya, bisa dengan memakai bahan-bahan alami yang tidak membahayakan lingkungan rumah dan tanaman hias itu sendiri dengan menggunakan Neem Oil yang disemprotkan selama tiga hari berturut-turut.

 

Baca : Rekomendasi Pot Cantik Untuk Tanaman Mungil Penghias Ruangan

 

2. Daun menguning
Biasanya daun yang menguning itu terjadi karena faktor lokasi dan durasi penyiraman yang kurang tepat. Untuk faktor lokasi, biasanya tanaman yang disimpan di tempat yang tidak sesuai dengan karakternya. Oleh karena itu, alangkah baiknya bagi kamu untuk kenali terlebih dahulu karakter tanaman hias sebelum menempatkanya.

Untuk masalah penyiraman tanaman hias, sangat penting untuk mencermati durasi penyiramannya. Namun yang perlu kamu ingat adalah durasi penyiraman tersebut tidak dapat dijadikan patokan, sebab masing-masing lokasi mempunyai kondisi yang berbeda.

 

Baca : Tanaman Hias dalam Ruangan Mampu Ciptakan Suasana Rileks dan Segar

 

3. Kelembaban tanaman hias
Masalah pada kelembaban tanaman hias ini sendiri banyak dijumpai pada jenis tanaman keladi. Karena jenis tanaman ini sangat suka dengan tempat yang terang atau full sun, namun membutuhkan area dengan kelembaban yang tinggi. Pada kondisi rumahnya, tentunya akan sulit untuk menciptakan kondisi lingkungan yang disukai keladi.

Jadi hal yang bisa dilakukan adalah dengan sebatas menempatkannya di area yang terkena sinar matahari. Namun berada di bawah naungan tanaman berdaun besar lainnya dan posisi pot yang rapat satu sama lain sehingga merimbun.*

 

Baca pula : Rekomendasi Jenis Tanaman Hias yang Populer di Tahun 2020

 

Berita Terkait