Rekomendasi Pemilihan Warna Tepat untuk Eksterior Rumah Anda

Rekomendasi Pemilihan Warna Tepat untuk Eksterior Rumah Anda

Senin, 04 Januari 2021 10:23 Eris Kuswara Exterior


 

Koropak.co.id - Selain interior rumah, tentunya kamu juga harus memperhatikan bagian luar atau eksterior rumah dengan pemilihan warna cat yang sesuai, sehingga dapat menampilkan kesan atau nuansa yang lebih berbeda. Sama halnya dengan warna interior rumah, eksterior rumah juga membutuhkan warna-warna yang cerah seperti warna biru untuk menampilkan suasana rumah yang terang atau juga warna putih yang dapat menampilkan kesan hunian yang lebih simpel.

Sementara itu, untuk pengaplikasian warna pada eksterior rumah sendiri, tidak harus menggunakan satu warna saja karena kamu juga bisa memadukannya dengan warna yang senada. Sehingga hal itu pun akan membuat nuansa hunianmu menjadi lebih berbeda. Jika kamu bingung dalam pemilihan warnanya, berikut beberapa pilihan warna untuk eksterior rumah sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (4/1/2021).

1. Nuansa warna biru
Diketahui, warna netral seperti warna putih itu tidak harus satu nada. Sehingga kamu bisa memilih warna tone yang sesuai dengan skema warna eksterior rumahmu. Selain itu, kamu juga bisa memilih pengaplikasian dinding berwarna putih dengan nada biru yang berpadu anggun dengan pintu depan berwarna biru cerah dan furnitur teras berwarna biru serta lampu gantung. Meskipun ketiganya memakai warna yang berbeda, namun kesamaannya bisa menciptakan harmoni yang sempurna.

 

Baca : Rekomendasi Desain Eksterior Hunian Simpel dan Menawan

 

2. Perpaduan warna krem
Kamu bisa menambahkan ketertarikan pada skema warna eksterior rumahmu dengan menggunakan warna krem. Untuk memberi kesan yang lebih anggun pada eksterior warna krem tersebut, cobalah untuk mengecat daun jendela dan pintu depan dengan menggunakan warna hitam. Gunakanlah elemen eksterior lainnya agar tampilan eksterior rumahmu menjadi lebih tajam dan bersih dengan bukan hanya satu nada saja.

3. Aksen warna
Bagi kamu yang menginginkan untuk pengaplikasikan warna putih pada eksterior rumahmu, maka kamu bisa menggunakannya sebagai dasarnya. Kemudian berikanlah aksen warna lain seperti cokelat atau warna lembut lainnya di bagian kusen pintu dan jendela.

4. Warna hijau
Apabila rumahmu dikelilingi oleh pemandangan alam, maka kamu dapat mengambil salah satu dari dua pendekatan untuk ide warna cat pada eksterior. Pertama, kamu bisa memilih rona yang akan membuat rumah surut dengan background pepohonan dan tanaman. Kamu juga bisa memilih cat kayu eksterior seafoam hijau kontras dengan latar belakang hijau tajuk pohon yang subur. Namun ketika kita berbicara tentang nuansa pastel, maka putih adalah warna aksen yang dapat menambahkan kontras tanpa terlalu mencolok.

5. Perpaduan tiga warna
Menggunakan tiga warna pada eksterior merupakan aturan umum untuk memilih skema warna eksterior itu sendiri. Selain itu, sebagian besar pemilik rumah juga sering menganggap warna tersebut harus sangatlah berbeda. Sehingga kamu bisa mengaplikasikan warna abu-abu muda sebagai warna dominan, ditambah dengan memberikan aksen seperti warna putih pada kusen pintu dan warna abu-abu tua untuk bagian kusen jendela.*

 

Baca pula : Sejukkan Suasana Rumah dengan Air Mancur Minimalis

Berita Terkait