Beberapa Tanaman Ini Ternyata Ampuh dalam Mengusir Nyamuk

Beberapa Tanaman Ini Ternyata Ampuh dalam Mengusir Nyamuk

Kamis, 25 Februari 2021 10:12 Rizky Inspirasi



Koropak.co.id - Musim hujan yang saat ini terjadi membuat sebagian wilayah di Indonesia terdampak bencana banjir. Genangan air di mana-mana menjadi sumber nyamuk dalam bertelur dan berkembangbiak. Ada banyak cara dalam mengatasi nyamuk di rumah seperti dengan memperbaiki sirkulasi udara di rumah, menggunakan jaring anti nyamuk pada jendela dan pintu hingga menggunakan serbuk anti jentik nyamuk atau menggunakan obat anti nyamuk.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan tanaman untuk mengusir nyamuk. Oleh karena itu, bagi kalian yang saat ini sedang suka mengoleksi atau bercocok tanam, terdapat beberapa tanaman yang bisa kalian andalkan untuk mengusir nyamuk dan tanaman-tanaman ini juga cenderung mudah untuk ditemukan. Berikut beberapa tanaman yang ampuh dalam mengusir nyamuk yang mudah ditemukan sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (24/2/2021).

1. Lemon balm
Diketahui tanaman ini tidak berbunga dan masih satu keluarga dengan tumbuhan mint lamiaceae. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai minuman dan bahan obat. Selain itu, tanaman lemon balm juga mengandung zat citronellol yang tidak disukai oleh nyamuk.

 

Baca : Beberapa Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Keberuntungan Bagi Pemiliknya

2. Serai wangi
Tanaman ini biasanya digunakan sebagai rempah-rempahan memasak dikarenakan aromanya yang sangat khas. Dari aroma inilah terkandung zat geraniol dan citronellol yang bisa mengusir dan membunuh nyamuk. Bahkan jika diperhatikan, serai wangi ini juga sering digunakan sebagai bahan dasar lotion nyamuk.

3. Rosemary
Tentunya kita mengenal tanaman ini sebagai salah satu bahan untuk memasak. Namun ternyata, tanaman ini bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Jika kalian mencium aromanya, rosmery memiliki aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Konon, tanaman pengusir nyamuk yang satu ini tahan terhadap panas matahari, penyakit dan hama. Bau yang dihasilkan rosemary juga ternyata mampu membuat nyamuk pusing dan kehilangan kendali akan inderanya.

4. Zodia
Tanaman yang satu ini sudah dikenal manfaatnya oleh masyarakat Papua dengan menggosokkannya ke seluruh tubuh yang berisiko digigit nyamuk sebelum masuk ke hutan. Sama halnya dengan tanaman pengusir nyamuk lainnya, zodia juga mempunyai zat yang dibenci nyamuk.

5. Geranium
Nama lain dari Geranium adalah tapak dara. Tanaman ini mengandung zat geraniol dan citronellol yang mudah terbawa angin dan tidak disukai nyamuk. Jika kamu memiliki beberapa pot Geranium di rumah, selain memiliki fungsi sebagai mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa menjadi tanaman hias dikarenakan Geranium bisa berbunga.*

 

Lihat pula : Tiga jenis tanaman hias yang diprediksi banyak dicari di tahun 2021

 

Berita Terkait