Desain Interior dan Eksterior Bambu

Desain Interior dan Eksterior Bambu

Minggu, 04 Maret 2018 08:10 Eris Kuswara Inspirasi


Percantik Hunian Nuansa Bambu

Koropak.co.id - Apabila Anda ditanya tanaman hias apa yang paling mudah untuk dirawat, maka bambu merupakan salah satu jawaban tepatnya. Tetapi, Jenis bambu yang biasanya paling banyak digunakan adalah lucky bamboo untuk diaplikasikan pada ruang tamu dan bambu kuning (golden bamboo) untuk diaplikasikan pada halaman.

Ternyata masih ada banyak sekali jenis bambu dekoratif yang bisa dipilih untuk mempercantik desain interior dan eksterior sebuah hunian. Sekedar untuk informasi, bambu ini secara umum memiliki nama latin Phyllostachys, sedangkan untuk lucky bamboo ini termasuk ke dalam family Dracaena atau tepatnya Dracaena Sanderiana. Untuk lebih meyakinkan lagi, Anda bisa mengecek daunnya karena Bambu memiliki daun tipis, terasa sedikit kasar dan kaku sementara untuk Dracaena Sanderiana memiliki daun yang lebih lembut dan tebal.

Berikut beberapa jenis bambu yang merupakan bambu asli keturunan family Phyllostachys yang bisa Anda tanam di rumah untuk mempercantik desain interior dan eksterior sebuah hunian.

Desain Interior dan Eksterior Bambu1. Fargesia Murielae - Bimbo Bamboo
Bambu ini memiliki tinggi rata-rata sekitar 1 meter, dengan begitu Anda bisa menanamnya di dalam pot dan batangnya sendiri bisa berwarna hijau atau kuning. Untuk menciptakan tampilan cantik dan elegan pada sebuah hunian, maka Anda harus rutin memangkas daunnya yang tumbuh lebat, hingga hanya menyisakan sekitar 30 cm di bagian atas. Ditambah lagi jangan biarkan juga daun tersebut tumbuh terlalu banyak di pot agar tidak terlihat berantakan.

Tanaman ini juga jangan diletakkan di tempat yang mudah terkena angin, karena batangnya sangat ramping dan mudah goyah apabila terkena angin. Untuk pengapliksian di luar rumah, Bimbo Bamboo ini bisa digunakan sebagai pagar ukuran pendek dan juga bisa ditanam untuk memblok area tertentu, contohnya seperti pada pinggir teras, tepi luar dinding rumah, dan tempat lainnya.

2. Shibataea Kumasaca - Ruscus Bamboo
Sama halnya seperti Bimbo Bamboo, jenis bambu asal Jepang ini juga memiliki tinggi maksimal sekitar 1 meter. Sekilas tanaman ini tidak terlihat seperti bambu, karena daun yang dimiliki tanaman ini lonjong cenderung bulat, halus, dan tumbuh dari bawah hingga atas. Tanaman ini akan sangat cantik untuk dijadikan pagar sebuah hunian dikarenakan daunnya yang selalu hijau dan sejuk, ditambah lagi untuk penerapannya di dalam rumah juga akan sangat cantik apabila ditanam di pot panjang menempel dinding.

3. Sasaella Masamuneana - Albostriata Bamboo
Albostriata berukuran kurang dari 1 meter yang ditambah dengan warna daunnya yang belang-belang berwarna hijau dan putih ini sangat cantik apabila dijadikan sebagai pembatas taman, atau ditanam langsung di halaman. Untuk pengaplikasiannya di dalam rumah, bambu ini bisa diletakkan di dalam pot dan sebaiknya Albostriata ditanam secara bergerombol karena memiliki batang yang sangat kecil.

4. Fargesia Rufa Bamboo
Jenis bambu yang satu ini sering dijadikan makanan oleh hewan panda yang merupakan binatang asli Cina. Bambu Rufa ini bisa dijadikan pagar untuk rumah yang kecil dan dibatasi oleh pagar besi atau kayu. Hal ini dikarenakan batangnya yang kecil dan mudah diterpa oleh angin, sehingga membutuhkan penopang agar tanaman tersebut tidak roboh. Sebagai tanaman semak, bambu Rufa ini juga memiliki daun yang lebat dan bisa tumbuh dengan cepat, oleh karena itu Anda harus rajin untuk memangkasnya.

5. Phyllostachys Aureosulcata Spectabilis - Yellow Bamboo
Bambu ini berwarna kuning, sangat manis untuk mendekorasi halaman belakang dan pelepahnya juga berwarna merah maroon, sehingga akan menampakkan corak dan warna yang kaya. Tanaman ini memiliki kepadatan yang tinggi, dengan begitu mampu menampilkan pemandangan yang sangat cantik. Penempatannya juga bisa ditanam di pot, tetapi pastikan juga Anda selalu memangkasnya apabila daun dari tanaman tersebut sudah lebih dari 75 cm. Hal yang unik dari tanaman ini bahwa tanaman bisa berbentuk zigzag dengan sendirinya dan biasanya bambu jenis ini juga berwarna merah maroon.

6. Phyllostachys Nigra - Black Bamboo
Bambu hitam akan memberikan nuansa berbeda di halaman rumah, ditambah lagi banyak jenis bambu hitam yang sudah tersedia dipasaran bahkan diantaranya ada yang bisa tumbuh hingga 7 meter. Sehingga pastikanlah Anda memiliki halaman yang luas dengan harus rajin juga dalam memangkas daun pada bambu ini.

7. Phyllostachys Vivax
Bambu ini memiliki warna kuning atau hijau dan berukuran cukup besar, hal yang menjadi ciri khas dari bambu ini adalah corak belang-belang vertical yang dimilikinya karena bisa semakin memperkaya warna tanaman tersebut. Meskipun bambu yang dewasa ini bisa berukuran cukup besar, tetapi untuk yang masih muda bambu ini masih bisa diletakkan di dalam ruangan. Bahkan beberapa jenis dari bambu ini memiliki totol hitam dan sangat digemari untuk dijadikan sebagai furniture.*

Berita Terkait