Tips Buat Kamar Kos Sempit Jadi Nyaman untuk Ditinggali

Tips Buat Kamar Kos Sempit Jadi Nyaman untuk Ditinggali

Minggu, 11 Juli 2021 11:37 Rizky Inspirasi


 

 

Koropak.co.id - Tinggal di dalam sebuah kamar kos yang sempit pada saat masa pandemi Covid-19 tentunya merupakan hal yang sangat membosankan. Karena, selama 24 jam kamu harus tetap berada di kamar untuk alasan keamanan dan kesehatan diri sendiri. Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk membuat kamar kos sempit tersebut menjadi lebih nyaman saat kamu harus menghabiskan banyak waktu di dalamnya? Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar kos sempit menjadi lebih nyaman sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (10/7/2021).

1. Minimalkan jumlah barang

Dalam kamar kos, usahakan untuk sebisa mungkin hanya menaruh barang-barang yang diperlukan. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengurangi jumlah barang yang sudah tidak terpakai dengan cara decluttering. Pilihlah barang-barang yang sudah lebih dari 6 bulan tidak kamu pakai, karena hal itu bisa menghabiskan banyak ruangan di kamar.

2. Pastikan kamar memiliki sirkulasi udara yang bagus

Mau kamar kamu itu menggunakan AC atau pun tidak, hal terpentingnya adalah kamar tersebut harus tetap memiliki ventilasi dan jendela yang menghadap ke luar. Diketahui, jendela dan ventilasi tersebut tentunya dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih bagus dan membuat kualitas udara di dalam kamar pun menjadi lebih sehat.

 

Baca : Tips Membuat Hunian Terasa Hangat Setiap Saat

3. Gunakan kotak organizer

Diketahui, menata kamar itu akan lebih mudah jika kamu memiliki kotak organizer. Sehingga, kamu pun bisa memasukkan barang-barang sesuai dengan kategori di setiap kotak. Kemudian setelah itu jangan lupa untuk menempelkan label agar kamu lebih mudah dalam mencari barang yang dibutuhkan. Selain itu, kotak organizer tersebut diperlukan untuk menjaga agar barang kamu tidak tercecer. Bahkan kotak organizer juga bisa ditumpuk sehingga lebih menghemat tempat.

4. Manfaatkan kolong tempat tidur

Sebagai anak kos, kamu juga harus bisa memanfaatkan setiap space kamar yang sempit. Kamu bisa menggunakan kolong tempat tidur untuk menyimpan koper, kotak organizer, atau bahkan kamu bisa menjadikan rak buku untuk menyimpan buku pelajaran agar tidak terlihat berantakan. Selanjutnya pilihlah sprei berukuran panjang, sehingga bisa menutupi barang-barang yang kamu simpan di bawah kolong tempat tidur.

5. Luangkan waktu untuk membersihkan tempat tidur

Kamar yang nyaman itu bukan hanya kamar yang rapi dan luas, akan tetapi juga harus bersih. Karena, debu juga akan mudah menempel pada barang apabila kamu jarang membersihkannya. Sehingga jangan lupa untuk meluangkan waktu membersihkan kamar setidaknya seminggu sekali agar kamarmu tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali.*

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait