Tips Memilih Genteng yang Sesuai untuk Hunian Rumah

Tips Memilih Genteng yang Sesuai untuk Hunian Rumah

Jum'at, 16 Juli 2021 09:39 Rizky Exterior


 

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa genteng merupakan bagian penting dari rumah yang akan memberikan perlindungan bagi penghuninya selama berada di dalam rumah. Karena, seperti yang kita ketahui bahwa rumah merupakan tempat bagi kita untuk berlindung dari berbagai macam bahaya seperti berlindung dari cuaca yang dingin maupun panas. Agar rumah tersebut bisa menjadi tempat berlindung yang aman, maka rumah tersebut harus dibangun dengan sebaik mungkin.

Selain itu, pemilihan genteng pun perlu dilakukan dengan hati-hati dikarenakan ada banyak jenis genteng beredar di pasaran. Sehingga kamu pun perlu memilih genteng yang berkualitas terbaik. Genteng yang berkualitas itu tentunya akan memberikan perlindungan terbaik dan menjadi atap yang kuat serta tahan lama. Oleh karena itu , berikut beberapa tips dalam untuk memilih genteng yang sesuai untuk rumah sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (16/7/2021).

1. Sesuaikan dengan kekuatan kerangka genteng

Ketika memilih genteng, kamu harus menyesuaikan jenis genteng yang dipilih sesuai dengan kerangka yang akan menopang genteng rumahmu. Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu bagaimana kekuatan kerangka yang kamu gunakan. Pilihlah jenis genteng yang bisa ditopang oleh kerangka yang sudah dipasang. Selain itu, kamu juga jangan memaksakan genteng yang berat dipasang di kerangka yang kekuatannya tidak seberapa.

2. Perhatikan faktor keindahan

Agar rumahmu terlihat indah secara keseluruhan, maka kamu juga harus mempertimbangkan keindahan genteng yang akan dipasang. Oleh karena itu, pilihlah genteng yang memiliki tingkat estetika yang tinggi dan sesuaikan juga pilihan warnanya dengan konsep dari rumahmu.

 

Baca : Rekomendasi Pemilihan Warna Tepat untuk Eksterior Rumah Anda

3. Cek kekuatan genteng

Kamu juga harus memeriksa kekuatan genteng dengan teliti contohnya seperti bagaimana kekuatan genteng yang akan kamu gunakan sebagai atap. Kamu juga bisa memeriksa kekuatan genteng dengan cara mengetuk-ketuk genteng secara perlahan kemudian periksa juga bagaimana tingkat ketahanan genteng menahan air agar rumahmu bebas bocor saat musim hujan.

4. Pertimbangkan kualitas genteng yang akan digunakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa genteng yang berkualitas itu memang memiliki harga yang sedikit mahal apabila dibandingkan dengan yang biasa-biasa saja. Namun dengan sedikit merogoh kocek lebih banyak, tentunya hal itu tidak akan membuatmu kecewa.i

5. Pertimbangkan kemudahan pemasangan genteng

Pilihlah juga genteng yang mudah untuk dipasang agar memperlancar proses pembangunan rumahmu. Karena, mudah atau tidaknya pemasangan genteng tersebut akan dipengaruhi oleh kesesuaian bentuk genteng dengan kerangka genteng di rumahmu. Untuk mengetahui hal ini, maka kamu bisa berkonsultasi dengan tukang yang membangun rumahmu.

6. Sesuaikan dengan anggaran

Terakhir, pilihlah genteng yang harganya sesuai dengan anggaran yang kamu miliki untuk membangun rumah. Karena, ada banyak jenis genteng di pasaran dan harganya juga berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikanlah pilihan genteng dengan anggaran yang kamu miliki, karena kita semua tahu bahwa biaya membangun rumah itu tidaklah ringan. Sehingga harus diatur dengan sebaik mungkin.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait