Ketahui Bebagai Pertimbangan dalam Membuat Kolam Renang Kaca

Ketahui Bebagai Pertimbangan dalam Membuat Kolam Renang Kaca

Kamis, 12 Agustus 2021 16:44 Rizky Exterior


 

Koropak.co.id - Diketahui, salah satu jenis kolam renang yang banyak digunakan di banyak rumah saat ini adalah kolam renang kaca. Namun, sebelum membuatnya, kamu juga harus memperhatikan sejumlah hal agar tidak membuat keputusan yang salah. Selain itu, jika memilih sisa lahan di halaman belakang rumah, tentunya itu menjadi sebuah ide bagus apabila kita ingin membangun kolam berenang. Jika kamu masih bingung, mungkin kolam berenang berdinding kaca bisa menjadi alternatif pilihan.

Selain itu juga model kolam berenang seperti ini tengah menjadi tren dikarenakan membuat tampilan rumah terlihat lebih elegan dan modern. Meski begitu, banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuat kolam berenang ini. Berikut sejumlah hal yang harus kamu pertimbangkan untuk membuat kolam renang kaca sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (12/8/2021).

1. Budget
Sebelum merencanakan desain dan ukuran, kamu harus mempertimbangkan budget di awal perencanaan. Pasalnya, pembuatan kolam renang kaca membutuhkan budget yang tidak sedikit. Selanjutnya, kamu juga harus melakukan survei ke beberapa kontraktor kolam renang dikarenakan setiap kontraktor akan menerapkan tarif jasa yang berbeda.

2. Ketebalan
Dalam membuat kolam renang kaca hal yang perlu diperhatikan adalah ketebalan yang akan dibuat. Semakin besar volume air, maka akan semakin tebal pula dinding kolam renang yang harus kita buat. Hal itu dikarenakan, semakin besar volume air, maka tekanan yang diberikan air pada dinding kaca pun akan semakin besar.

 

Baca : Plunge Pool, Kolam Renang Mini untuk Rumah Minimalis

3. Lokasi dan ukuran
Setelah itu, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan lokasi kalian saat membuat kolam berenang. Dengan menghitung titik dan ukuran lokasi, nantinya kontraktor akan lebih mudah dalam memperhitungkan pembelian material kolam berenang.

4. Survei kontraktor
Bagi kamu yang tidak bisa membuat kolam renang kaca sendiri, tentunya membutuhkan jasa kontraktor. Namun, kita juga harus berhati-hati dalam memilih kontraktor. Oleh karena itu, pastikanlah kontraktor yang kamu pakai jasanya itu memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang baik. Setelah menyaring kontraktor yang memiliki rekam jejak yang baik, maka barulah pertimbangkan biaya jasa yang ditawarkan para kontraktor tersebut.

5. Garansi
Selain kontraktor yang mengerjakan kolam berenangnya, pertimbangkan juga garansi yang ditawarkan setiap kontraktor tersebut. Dengan adanya garansi, kita pun bisa meminta ganti rugi apabila kolam berenang rusak setelah pembuatannya. Selain itu, biasanya kontraktor yang memiliki kredibilitas baik, akan memberikan garansi dalam jangka panjang.

6. Desain kolam renang kaca
Poin terakhir yang harus kamu pertimbangkan adalah desain kolam berenang. Tidak hanya sekadar estetik, kamu juga harus menyesuaikan desain dengan lokasi. Contohnya, jika halaman rumah berbentuk persegi dan luas area terbatas, maka sebaiknya tidak memaksakan diri untuk membuat kolam berenang berbentuk selain persegi. Pasalnya, nanti kolam berenang tersebut malah akan terlihat memakan banyak ruang.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait