Ventilasi Silang Jadi Salah Satu Syarat Terciptanya Rumah Sehat

Ventilasi Silang Jadi Salah Satu Syarat Terciptanya Rumah Sehat

Sabtu, 21 Agustus 2021 08:58 Rizky Interior


 

Koropak.co.id - Menghadirkan udara bersih ke dalam rumah melalui ventilasi silang diketahui menjadi salah satu syarat terciptanya rumah yang sehat. Karena, udara bersih yang dihasilkan dengan melibatkan udara dari luar masuk ke rumah itu, tidak hanya membuat kondisi rumah bebas lembab dan gerah. Akan tetapi juga mencegah penularan virus dari udara.

Diketahui bahwa setiap detik manusia bernapas dan menghirup udara, bahkan secara kasar, setiap orang membutuhkan 20 hingga 50 m3 udara bersih setiap jamnya. Melibatkan udara luar untuk masuk ke dalam rumah merupakan cara yang paling efektif mencegah penularan virus dari udara. Ventilasi silang sendiri merupakan ventilasi yang bisa menjamin terjadinya arus udara (sirkulasi udara) secara alami melalui jendela atau buakaan. Sirkulasi udara yang baik, dapat diperoleh dengan membuat sirkulasi udara silang atau yang biasa dikenal ventilasi silang.

Caranya adalah dengan meletakkan lubang udara, baik berupa jendela maupun rooster pada dua bidang dinding yang saling berhadapan. Susunan ruang dengan ventilasi silang yang tepat tentunya akan membuat perputaran udara menjadi optimal. Sirkulasi udara silang ini juga sebaiknya mencakup dua jenis, yaitu sirkulasi udara silang secara mendatar (horizontal) dan secara tegak (vertikal).

 

Baca : Ventilasi Udara dalam Rumah, Antisipasi Terpapar Virus Corona

Kemudian untuk peletakan sirkulasi udara silang juga hendaknya direncanakan secara cermat, dengan memperhitungkan arah angin. Karena, sirkulasi silang bukan berarti hanya meletakkan bukaan pada sisi tembok yang berlawanan. Peletakan bukaan harus bisa menciptakan perputaran angin di dalam ruangan dengan catatan angin dalam keadaan tidak terlalu kencang.

Pada sirkulasi silang vertikal, posisi dan bentuk jendela atau ventilasi pada dinding juga tentunya sangat berpengaruh pada debit sirkulasi udara. Khususnya pada bukaan yang dimana aliran udara memasuki rumah. Diketahui, yang paling baik adalah udara yang berputar terlebih dahulu sebelum keluar melalui bukaan yang lebih kecil dikarenakan pergerakannya itu akan mengganti udara lama di dalam ruangan.

Selain itu, pembagian dan peletakan ruang di dalam bangunan juga sangat berpengaruh pada pola perputaran udara ini. Oleh karena itu, letakkanlah ruangan yang berukuran lebih besar menghadap ke arah aliran angin dan ruangan yang berukuran lebih kecil di bagian belakangnya. Cara ini pun tentunya akan membuat udara yang masuk mengalir ke setiap ruangan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait