Ciptakan Dapur Tampak Cantik dan Bersih

Ciptakan Dapur Tampak Cantik dan Bersih

Rabu, 07 Maret 2018 09:05 Eris Kuswara Inspirasi


Bertumpu Pada Penataan Bumbu

Koropak.co.id - Deskripsi dari dapur yang cantik dan menarik itu adalah sebuah dapur yang didesain dan ditata dengan rapi. Pasalnya, dapur juga merupakan salah satu ruangan terpenting yang ada di dalam rumah dan bisa menyimpan begitu banyak perlengkapan dan peralatan di dalamnya, salah satunya bumbu dapur. Apabila penataan dari bumbu dapur tersebut tidak dilakukan dengan benar, maka keberadaan dari bumbu dapur itu sendiri akan bisa membuat dapur tampak berantakan dan terkesan tidak rapi.

Mengingat dapur begitu mudah kotor dan tampak berantakan setelah memasak, dapur tersebut harus dibersihkan setiap hari secara rutin terutama setelah memasak. Di samping itu, cara menata bumbu dan peralatan dapur secara rapi juga perlu diperhatikan dengan seksama. Berikut cara penataan bumbu dan peralatan dapur yang benar dan bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

1. Memisahkan bumbu dan peralatan dapur
Kegiatan memasak juga memang membutuhkan banyak peralatan dapur, termasuk juga dengan bumbu dapur dan kebutuhan lainnya. Sehingga apabila penataan dari kedua hal terpenting tersebut tidak diperhatikan dengan baik, maka akan membuat kita pun kesulitan saat memasak. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya apabila peralatan dan bumbu dapur tersebut ditata secara terpisah karena hal ini juga tentunya akan memudahkan saat Anda mengambil bumbu atau peralatan dapur tersebut.

Ciptakan Dapur Tampak Cantik dan Bersih2. Urutkan berdasarkan intensitas kegunaan
Semua bumbu dapur tersebut memang memiliki peranan penting dalam memasak, namun dari semua bumbu dapur tersebut, tentunya terdapat beberapa bumbu yang paling sering digunakan dan juga paling jarang dibutuhkan. Sehingga alangkah baiknya jika penataan bumbu dapur pun diurutkan berdasarkan intensitas kegunaannya. Tempatkan bumbu yang paling sering digunakan tersebut di bagian depan, begitu juga sebaliknya letakkan yang paling jarang digunakan tersebut di bagian belakang urutan bumbu dapur. Dengan penataan tersebut juga akan membuat Anda bisa menggapai bumbu yang paling dibutuhkan dengan mudah.

3. Gunakan wadah dan rak penyimpanan
Setelah Anda memisahkan bumbu dapur dan perlengkapan lainnya, langkah selanjutnya adalah meletakkan masing-masing bumbu tersebut ke dalam wadah secara terpisah. Untuk mempermudah hal tersebut, Anda bisa menggunakan toples kaca yang transparan atau menempel label nama pada masing-masing wadah bumbu tersebut. Kemudian letakkanlah wadah bumbu-bumbu tersebut ke dalam rak penyimpanan yang ada di dapur yang sudah ditata dengan rapi. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan rak penyimpanannya seperti model rak terbuka atau kabinet dapur yang sesuai dengan kebutuhan dengan tema yang diterapkan pada interior dapur.*

Berita Terkait