Bisnis Properti Semakin Lesu, Jika Mau Investasi Bisa Dipertimbangkan Sekarang

Bisnis Properti Semakin Lesu, Jika Mau Investasi Bisa Dipertimbangkan Sekarang

Kamis, 07 Oktober 2021 20:11 Redaksi Berita Properti


 

Koropak.co.id - Saat ini kondisi bisnis properti mengalami kelesuan. Kondisi ini menyusul pandemi Covid-19 yang berkepanjangan terutama pasca gelombang dua kemarin.

Senior Associater Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, bisnis properti menurun tajam. Kondisi ini terjadi hampir di semua subsektor bisnis properti, mulai dari apartemen, perumahan dan kawasan perkantoran.

"PPKM diperketat akan menambah beban di properti. Asumsi bahwa sekarang sudah mulai tidak terlalu ketat lagi, PPKM, kegiatan ekonomi bergerak lagi, namun properti belum," katanya, dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Kamis, 7 Oktober 2021, malam.

Dikatakan, harga properti ditahun 2022 nanti mungkin akan naik. Tapi tentu, kata dia, kenaikannya akan gradual. Karena sebelumnya penurunan harga properti ini juga gradual.

"Melihat harga kembali normal butuh waktu beberapa bulan ke depan," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini harga properti memang berada di level terendah. Sebelum Covid-19 terjadi, para pebisnis properti memprediksi harga terendah adalah tahun lalu.

 

Baca : Ini Type Rumah Minimalis yang Banyak Diminati Masyarakat Indonesia

Namun yang terjadi hari ini malah mandeg. Hari ini harga properti malah berada titik bottom, berada pada siklus terbawah.

"Setelah siklus akan ada pergerakakan (kenaikan harga). Jika hari ini ada dalam posisi jam enam, semoga tahun depan sudah bergerak ke jam tujuh," sebutnya.

Berdasarkan data survey yang dilakukan pihaknya, harga apartemen saat ini tidak bergerak dan di tahun 2021 menurun gratis.

Untuk subsektor perumahan, tidak ada unit tambahan baru pada kuartal ketiga. Pun dengan harga gedung perkantoran nyaris tidak bergerak. Apalagi dengan belum aktifnya kegiatan perkantoran. Kondisi serupa terjadi untuk harga rumah mewah.

Kendati demikian, kondisi ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berinvestasi. Apalagi diprediksi tahun depan harganya akan kembali merangkak naik.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini