Kenali Berbagai Trim untuk Eksterior Rumah

Kenali Berbagai Trim untuk Eksterior Rumah

Sabtu, 10 Maret 2018 12:15 Eris Kuswara Exterior


Lindungi Rumah dari Curah Hujan Tinggi

Koropak.co.id - Untuk membuat bagian eksterior sebuah bangunan atau hunian tampak indah dan tidak ganjil, maka struktur-struktur pada bangunan tersebut juga harus berada pada posisi dan bentuk yang tepat serta seimbang.

Sementara itu untuk bisa terlihat lebih seimbang, oleh karena itu diperlukanlah Trim untuk menyeimbangkan struktur-struktur bangunan tersebut terutama pada sisi kiri dan kanan sebuah bangunan. Ditambah lagi trim ini juga tidak hanya berperan sebagai elemen dekoratif saja, tetapi memiliki fungsionalnya tersendiri dikarenakan mampu menghalangi tetesan air hujan untuk tidak masuk ke dalam rumah. Berikut beberapa trim yang diaplikasikan pada bagian lainnya di sebuah hunian.

 

Kenali Berbagai Trim untuk Eksterior Rumah

 

1. Trim pada jendela
Bendul atau juga dikenal dengan rangka jendela ini merupakan struktur yang kerap kita temui juga pada bagian jendela maupun pintu. Struktur tersebut juga biasanya berbentuk lebar, dan horizontal dan berada di tepian jendela atau pintu. Bendul pada pintu tersebut juga mungkin lebih sering kita temui dibandingkan dengan bendul pada jendela dan bendul ini pula didesain dengan kemiringan keluar sehingga akan mencegah air masuk ke dalam sisi rumah.

 

2. Trim pada pintu
Perlu Anda ketahui bahwa terdapat berbagai macam jenis pintu, untuk Pintu tipe French door ini mungkin merupakan salah satu yang cukup terkenal dan sering digunakan oleh orang pada rumahnya. Ditambah lagi pintu jenis ini juga bisa memungkinkan dua daun pintu yang bisa dibuka pada masing-masing sisinya. Pintu jenis ini membutuhkan molding khusus, karena molding tersebut juga nantinya bisa memungkinkan salah satu daun pintu tersebut untuk bekerja berlawanan arah terutama ketika pintu tersebut ditutup. Molding atau trim yang bisa digunakan tersebut disebut juga dengan nama astragal, dan trim ini hanya bisa diaplikasikan pada salah satu daun pintu saja.

 

3. Trim pada atap
Papan trim yang berada pada atap ini juga biasanya dipasang di bawah serambi atap, dan trim ini juga biasa disebut sebagai eave. Sedangkan untuk bagian yang paling dasar dari sebuah atap disebut dengan nama soffit dan bagian ini biasanya dilapisi dengan kayu lapis atau juga triplek serta siding lainnya yang memiliki tipe sama atau selaras dengan keseluruhan konsep sebuah rumah.*

Berita Terkait