8 Tips Jitu Memilih Warna Cat untuk Rumah Idaman

8 Tips Jitu Memilih Warna Cat untuk Rumah Idaman

Sabtu, 06 November 2021 05:46 Redaksi Inspirasi


 

Koropak.co.id - Memilih warna untuk rumah bukanlah perkara mudah. Jika salah menentukan warna untuk rumah idaman kita, bisa berpengaruh pada suasana rumah dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum menentukan warna apa yang cocok untuk rumah, sebaiknya tentukan konsep rumah yang ingin ditampilkan.

Jika memutuskan warna-warna yang netral misalnya, bukan berarti hanya memilih cat warna putih saja. Ternyata, tak semua tembok di rumah minimalis perlu dicat warna putih.

Berikut ini, ada sejumlah tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih warna :

1. Pilih Warna Cerah untuk Ruangan yang Sempit

Pilih warna cerah untuk ruangan yang sempit. Tidak terlalu banyak warna bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

2. Senadakan dengan warna perabot

Salah satu cara termudah untuk memilih warna cat interior rumah minimalis adalah senadakan dengan warna perabot. Mengutip The Spruce dari Hai Bunda, sejumlah perabot rumah seperti bantal, tempat tidur, dan bahkan linen meja bisa memberi ide warna cat.

Tidak salah kok, membawa sarung bantal atau kain seprai ke toko cat agar dapat memilih strip cat untuk dilihat di rumah.

3. Buat Skema Warna dengan Searching Internet

Lihatlah di color wheels yang ada di toko cat atau bisa lihat di internet. Warna itu ternyata bisa saling berhubungan. Di internet banyak ide dan inspirasi agar warna cat bisa sangat pas dengan konsep rumah yang akan disiapkan.

 

Baca pula :

1. Inilah Desain Rumah Minimalis yang Paling Diminati  

2. Inspirasi Desain Rumah Idaman Bernuansa Hijau

3. Desain Rumah Ala Bali

 

4. Perhatikan Pencahayaan

Perhatikan cahaya lampu yang ada di rumah. Arah lampu dan cahaya akan menentukan suasana rumah anda. Sebaiknya, perhatikan saat malam dan siang. Agar warna cat rumah tetap senada baik terang atau pun gelap.

5. Uji Warna

Jangan ragu untuk menguji warna sebelum mengulaskan kuas di tembok. Bisa memakai dulu poster, kertas atau materi lainnya sebelum mengulaskan ke tembok atau dinding.

6. Perhatikan Tekstur Tembok

Tekstur tembok dan ruangan menjadi kunci pada teknik ini. Sebelum menentukan warna cat, perhatikan tekstur permukaan tembok anda.

7. Pertimbangkan perubahan warna antar ruangan

Banyak ruangan di rumah yang kadang hanya menggunakan satu warna. Atau, ada juga setiap ruangan memiliki warna yang berbeda-beda.

Tidak masalah apakah warnanya sama atau beda, yang paling penting adalah menyesuaikan antara ruangan satu dengan yang lainnya. Kuncinya adalah serasi dan sesuai dengan teori warna.

8. Sepadankan dengan Lantai

Warna dan konsep lantai harus sepadan dan serasi dengan warna cat yang akan digunakan. Warna yang senada akan membuat kesan nyaman di mata dan nyaman di hati bagi penghuni rumah.

 

 Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

Berita Terkait