Empat Jenis Tanaman Ini Ternyata Menyerupai Hewan

Empat Jenis Tanaman Ini Ternyata Menyerupai Hewan

Sabtu, 13 November 2021 08:52 Eris Kuswara Inspirasi


 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa alam semesta ini penuh dengan keajaiban dan tidak pernah berhenti dalam membuat manusia takjub. Bahkan setiap hari, banyak spesies fauna dan flora yang ditemukan dengan masing-masing kekhasan dan aspek yang membuatnya unik.

Tercatat setidaknya , ada lebih dari 400.000 spesies tanaman yang hidup di planet ini. Di antara mereka, terdapat sekelompok kecil menonjol dari yang lainnya dikarenakan menunjukkan kesamaan yang sangat kuat dengan beberapa spesies hewan.
Untuk itulah, berikut 4 tumbuhan yang perlu kamu kenali dan ketahui sebab terlihat seperti hewan sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu 13 November 2021 :

1. Dracula Simia

Dracula simia merupakan bunga yang benar-benar lucu dan juga dikenal sebagai anggrek wajah monyet yang ditemukan di daerah tinggi Kolombia, Ekuador, dan Peru.

Tanaman ini sendiri tumbuh antara 1.200 dan 2.000 meter di atas permukaan laut. Selain itu, aroma dari tumbuhan ini menyerupai jeruk matang dan bukan merupakan bunga musiman yang khas dikarenakan dapat mekar kapan saja di habitat aslinya.

Sementara itu, perbandingannya dengan wajah monyet adalah susunan tulang belakangnya, kelopaknya dan bibirnya yang merah muda dan putih. Sedangkan bagian bawahnya berwarna ungu dan putiknya menggambarkan moncong monyet.

2. Ophrys Apifera

Ophrys Apifera merupakan tanaman herbal dari keluarga Orchidaceae yang tumbuh setinggi sekitar satu kaki dan dijuluki juga sebagai anggrek lebah dari bibir yang meniru (mimikri).

 

Baca : Mengenal Tanaman Bibir Pelacur yang Terancam Punah

Dalam biologi, istilah 'mimikri' sendiri mengacu pada kasus yang dimana seleksi alam telah menyukai kemiripan antara individu dari spesies yang berbeda dan ada banyak contoh bunga anggrek yang menyerupai serangga penyerbuknya.

Lebah betina ini memiliki tiga lobus berbulu halus seperti sutra. Berwarna coklat tua, tumbuhan ini juga memiliki beberapa bintik dengan nada yang sama, akan tetapi lebih terang. Sementara bunganya juga memiliki garis putih dan kuning.

3. Anigozanthos Manglesii

Anigozanthos Manglesii atau yang disebut juga dengan sebutan bunga cakar kanguru ini adalah sekelompok tanaman dari 12 spesies tanaman tahunan yang menghasilkan banyak bunga hijau dan merah, seperti beludru di akhir musim dingin hingga musim semi.

Bunga ini menyerupai cakar marsupial terkenal. Diketahui bahwa bunga dari tanaman ini cukup dicari dan dihargai dikarenakan warna merah serta hijaunya yang cerah. Akan tetapi tanaman ini hanya dapat ditemukan di wilayah selatan Australia Barat saja.

4. Orchis Italica

Orchis Italica merupakan tanaman yang disebut juga sebagai anggrek pria telanjang. Anggrek ini sendiri termasuk ke dalam varietas Orchis italica atau Anggrek Italia dan asli dari daerah Mediterania di Timur Tengah dan Afrika Utara.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini