Tips Memilih Railing untuk Balkon Rumah

Tips Memilih Railing untuk Balkon Rumah

Senin, 09 Juli 2018 14:38 Eris Kuswara Exterior


Koropak.co.id - Teras atau balkon rumah memang termasuk bagian rumah yang dapat mempengaruhi eksterior atau fasad dari rumah itu sendiri. Oleh karena itu sudah seharusnya apabila desain serta dekorasinya itu harus benar-benar diperhatikan, sehingga balkon atau teras rumah akan tampak cantik dan juga terasa nyaman. Salah satunya untuk memperindahnya adalah dengan cara memasang railing pada balkon.

Hal tersebut juga dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dari balkon tersebut pun akan menjadi lebih maksimal. Karena mengingat railing juga termasuk salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah hunian. Berikut beberapa tips yang sudah Koropak persiapkan dalam memilih railing balkon karena pemasangannya juga yang tidak boleh sembarangan.

1. Sesuaikan ukuran railing dan ukuran balkon
Perlu diketahui salahsatu tujuan dalam pemasangan railing pada balkon itu adalah untuk unsur keamanan. Oleh karena itu railing yang akan digunakan pada balkon juga haruslah sesuai dengan ukuran balkon itu sendiri. Maka dengan begitu akan membuat railing tersebut cukup untuk area balkon di rumah.

Baca :
- Area Outdoor Luas Ala Profesional
- Tanaman Cantik untuk Halaman Rumah

2. Sesuaikan dengan model rumah
Penerapan model atau tema pada sebuah rumah juga sudah pasti akan mempengaruhi berbagai aspek, termasuk juga dalam hal pemilihan railing untuk balkon rumah. Contohnya seperti pada rumah bergaya klasik, maka jenis railing yang sesuai untuk balkon rumah tersebut bisa dengan menggunakan railing berbahan kayu. Sedangkan untuk rumah bergaya minimalis, pada umumnya lebih cocok dengan menggunakan railing bermodel sederhana.

3. Perhatikan desain
Selain itu terdapat berbagai desain railing yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai dari railing berbentuk vertikal, horizontal atau bahkan desain railing yang melengkung pada bagian atasnya. Salah satu tips yang tepat dalam memilih railing balkon tersebut adalah dengan menggunakan railing yang memiliki desain dan bentuk sesuai dengan konsep rumah, dengan begitu juga desainnya pun akan terlihat lebih menyatu.

 

4. Perhatikan fungsi lainnya dari railing
Penggunaan railing pada balkon rumah di lantai dua juga bisa jadi memiliki fungsi lainnya selain digunakan untuk faktor keamanan serta memperindah tampilan eksterior. Contohnya fungsi lain yang dimilikinya adalah untuk menstabilkan cahaya matahari pada lantai dua serta sirkulasi udara.

Baca pula :
- Kamu Harus Tau Lampu Taman yang Apik dan Hemat
- Plunge Pool di Halaman Mungil

5. Jika diperlukan, lakukanlah pengecatan
Apabila dirasakan warna asli dari railing itu sendiri kurang cantik untuk eksterior rumah, Anda juga bisa untuk mempertimbangkan pengaplikasian cat warna pada railing tersebut. Contohnya seperti railing dengan bermaterial kayu pada rumah bergaya klasik, bisa dicat dengan warna-warna lembut apabila Anda ingin menampilkan rumah telihat lebih berwarna namun tidak merusak konsep klasiknya.*

 

Berita Terkait