Cara Memberi Pencahayaan yang Tepat Untuk Taman

Cara Memberi Pencahayaan yang Tepat Untuk Taman

Selasa, 24 Juli 2018 15:10 Eris Kuswara Exterior


 

Koropak.co.id - Berbicara mengenai taman, taman yang cantik itu bukan hanya dikarenakan memiliki desain dan penataan taman yang tepat saja. Namun salah satunya juga bisa dipengaruhi dengan pencahayaan yang tepat dan cukup pada taman tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda tidak memberikan pencahayaan pada taman dengan tepat, maka kesan cantik yang seharusnya ditampilkan pada taman ketika malam hari itu justru akan bisa menjadi terkesan seram dan tidak menarik untuk dipandang mata. Maka untuk memberi pencahayaan pada taman secara tepat, berikut Koropok telah mempersiapkan cara yang benarnya.

1. Pemilihan jenis cahaya yang sesuai dengan taman
Memang terdapat berbagai jenis lampu yang bisa digunakan untuk menerangi taman rumah. Akan tetapi Anda juga harus tetap bisa menyesuaikannya. Karena pasalnya tidak semua lampu juga cocok digunakan untuk menerangi sebuah taman. Contohnya seperti lampu dengan cahaya putih seperti neon.

Baca : Tanaman Hias untuk Teras Rumah

2. Menentukan posisinya
Selain itu, agar taman pada rumah tersebut mendapatkan pencahayaan yang baik, Anda terlebih dahulu harus memastikan posisi lampu yang berada di tempat yang tepat. Sehingga cahaya lampu yang dihasilkannya itu bisa menyebar dan menerangi taman rumah dengan baik.

Cara Memberi Pencahayaan yang Tepat Untuk Taman

 

3. Sesuaikan teknik pencahayaannya
Perlu diketahui teknik pencahayaan yang bisa diterapkan pada taman ini ada beberapa macam. Contohnya seperti teknik spot lighting yang berguna untuk menyoroti titik tertentu yang ingin ditonjolkan, up lighting yang sorot lampunya mengarah ke atas, teknik siluet dan berbagai teknik lainnya.

4. Mempertimbangkan model lampu yang akan dipakai
Seperti halnya jenis cahaya lampu dan teknik pencahayaannya yang cukup beragam, model lampu yang akan dipasang untuk sebuah taman rumah juga cukup beragam. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda dalam memilih model lampu yang tepat, sebaiknya untuk terlebih dahulu menyesuaikannya dengan tema dan konsep yang diterapkan pada taman rumah tersebut.

Baca : Tanaman Cantik untuk Halaman Rumah

5. Jangan lupa merawat lampu taman
Ditambah lagi semuanya akan percuma apabila Anda memilih lampu taman yang cantik, mahal dan sesuai dengan tema taman tersebut tetapi tidak dirawat dengan baik. Apalagi mengingat juga letak lampu itu yang berada di area outdoor, maka akan lebih mudah kotor, kusam dan rusak.

Dikarenakan resiko terkena kotoran dan perubahan cuaca lebih besar. Sehingga pastikanlah agar Anda membersihkan dan mengecek kondisi lampu taman tersebut secara rutin agar bisa bertahan lama.*

Baca pula : Kamu Harus Tahu Lampu Taman yang Apik dan Hemat

Berita Terkait