Pentingnya Lubang Udara di Kamar Mandi

Pentingnya Lubang Udara di Kamar Mandi

Kamis, 30 Agustus 2018 07:42 Eris Kuswara Interior



Koropak.co.id - Lubang udara atau ventilasi pada sebuah kamar mandi sangat penting keberadaannya, untuk meminimalisasi atau bahkan mengeluarkan uap air dari dalam kamar mandi, karena bau tidak sedap juga bisa menurunkan kualitas udara di dalam kamar mandi.

Selain itu, lubang udara juga membantu untuk mengeringkan sisa-sisa air bekas mandi di dalam kamar mandi. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang melupakan akan pentingnya ventilasi pada kamar mandi. Berikut alasan pentingnya memiliki lubang udara pada kamar mandi.

1. Mengurangi resiko berkembangnya jamur
Udara yang lembab dan basah pada kamar mandi ini akan mendorong berkembangnya jamur, kuman dan bakteri lebih cepat. Bukan hanya menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan, jamur juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya area kamar mandi.

Baca : Aksesoris Kamar Mandi Jadi Sarang Kuman

2. Ventilasi harus sesuai dengan ukuran kamar mandi
Demi menjaga sirkulasi udara yang baik serta mengurangi resiko lembab pada kamar mandi, oleh karena itu alangkah baiknya untuk membuat lubang udara yang berukuran sesuai dengan ukuran kamar mandi.

 

Koropak.co.id - Pentingnya Lubang Udara Pada Kamar Mandi 2

 

3. Memasang exhaust fan di kamar mandi
Apabila kamar mandi Anda sudah terlanjur tidak memiliki lubang udara yang cukup, maka agar sirkulasi udara di dalam kamar mandi tersebut dapat sedikit terbantu dan tidak terlalu lembap, maka Anda dapat memasang exhaust fan pada kamar mandi. Letakkanlah di tempat yang memungkinkan serta gunakan sesuai dengan kebutuhan kamar mandi.

Baca : Kiat Buat Kamar Mandi Ramah Anak

4. Tempatkan Exhaust Fan di tempat terlembab
Meskipun exhaust fan terkesan mudah dan boleh dipasang di mana saja dari area kamar mandi, tetapi alangkah baiknya apabila Anda memasangnya pada area kamar mandi yang memiliki tingkat kelembaban paling tinggi.

5. Berkonsultasilah dengan ahli
Memasang exhaust fan atau membuat jendela besar pada kamar mandi ini keduanya harus dipikirkan dan dipertimbangkan mengenai kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Demi membuat kamar mandi yang nyaman dan tidak lembab, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan smasalah tersebut pada yang lebih ahli.*

 

Baca pula : Kiat Efektif Bersihkan Kamar Mandi

 

Berita Terkait