Persiapkan Hunian Menghadapi Musim Hujan

Persiapkan Hunian Menghadapi Musim Hujan

Kamis, 06 Desember 2018 20:53 Eris Kuswara Exterior


 

Koropak.co.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan akan mencapai puncaknya pada Januari 2019 mendatang. Guna menghadapinya, perlu beberapa hal yang dipersiapkan, termasuk memperhatikan agar rumah tetap nyaman untuk dihuni di musim hujan.

Mengapa demikian? Pada saat musim hujan tiba, beberapa hal bisa terjadi terhadap hunian, mulai dari kebocoran atap, dinding rembes atau bahkan banjir. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pada hunian saat musim hujan tiba.

 

1. Perhatikan saluran air
Hampir setiap rumah memiliki talang air. Namun sayangnya saat musim kemarau, talang air seringkali luput dari perhatian dan membuatnya dipenuhi kotoran yang menumpuk. Oleh karena itu, saat memasuki musim hujan, tidak ada salahnya terlebih dahulu membersihkan talang air agar kotoran yang menumpuk tidak menyumbat air.

 

2. Cek kondisi atap rumah
Untuk menghindari kebocoran, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi atap rumah. Namun alangkah baiknya untuk mengupayakan penggunaan bahan atap waterproof, atau bisa juga disiasati dengan melapisinya menggunakan cat pelindung anti air untuk mencegah kebocoran.

 

Koropak.co.id - Persiapkan Hunian Menghadapi Musim Hujan (2)

Baca : Elegannya Interior Rumah Berwarna Putih

 

3. Perhatikan keadaan dinding
Anda juga harus memperhatikan langit-langit rumah, karena pada saat musim hujan, tidak jarang keadaan dinding akan menjadi lembab, sehingga air yang merembes di dinding akan dapat mengganggu keindahan dan berakibat merusak. Retakan pada dinding harus ditutup dengan menggunakan semen yang dilapisi juga dengan bahan waterproof.

 

4. Periksa bagian dalam rumah
Perlu diketahui, musim hujan ini bisa berpotensi membuat hawa menjadi lembab, oleh karena itu jalur ventilasi udara, jendela serta pintu rumah yang sudah mulai rapuh perlu diperbaiki agar tidak menjadi jalur masuknya air hujan.

 

5. Perhatikan halaman depan dan belakang rumah
Usahakan halaman rumah ini memiliki posisi yang lebih rendah dibandingkan lantai rumah, sehingga air hujan pun tidak mudah masuk dan menggenang. Sementara itu, untuk menyiasati air agar tidak mudah masuk rumah, bisa dengan menggunakan karung berisi pasir yang diletakkan pada bagian sekitar rumah yang rendah.*

 

Baca : Alasan Adanya Ruang Santai Pada Sebuah Hunian