Buat Kamar Si Buah Hati Nyaman dan Aman

Buat Kamar Si Buah Hati Nyaman dan Aman

Senin, 25 Februari 2019 16:22 Kemala Adiyatma Interior



Koropak.co.id - Orangtua mana yang tidak ingin menyenangkan buah hatinya. Bukan hanya dengan memberikan perawatan yang terbaik dan penuh kasih sayang, tapi orangtua juga selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan sang anak mulai dari hal yang kecil.

Menjelang kelahiran, biasanya para ibu hamil akan mempersiapkan segala keperluan bayi termasuk kamar tidur yang terbaik. Berikut ini, Koropak telah menyiapkan kiat agar orangtua tidak bingung untuk dekorasi kamar tidur bagi buah hatinya.

 

1. Tentukan lokasi kamar bayi
Menentukan lokasi kamar merupakan langkah awal. Baiknya pilih lokasi kamar yang aman dan nyaman. Agar memudahkan sang ibu mengontrol keadaan bayi jika rewel di tengah malam, sebaiknya posisikan kamar sang buah hati bersebelahan dengan kamar orangtua.

 

 

Koropak.co.id - Buat Kamar Si Buah Hati Nyaman dan Aman (2)

 

Baca : Kiat Membuat Kamar Tidur Bayi Nyaman

2. Perhatikan cahaya dan suhu kamar
Bayi harus mendapatkan cahaya yang baik serta suhu ruangan yang nyaman, karena masa pertumbuhan bayi di 1.000 hari pertama, kehidupan akan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan kenyamanan kamar dengan suhu yang tetap hangat.

 

3. Perhatikan ventilasi udara kamar
Selain cahaya dan suhu, udara yang akan masuk ke kamar sang bayi juga harus diperhatikan. Posisi ventilasi udara yang tepat pada ruangan, akan menghasilkan sirkulasi udara lebih baik. Pastikan juga kabel yang ada di ruang kamar bayi tidak boleh menjulur ke lantai agar tidak menimbulkan risiko yang tidak diinginkan.

 

Koropak.co.id - Buat Kamar Si Buah Hati Nyaman dan Aman (3)

 

Baca : Kiat Bersihkan Kamar Tidur yang Baik

4. Pilih barang yang diperlukan bayi
Orangtua harus selektif dalam memilih barang untuk kebutuhan sang buah hatinya. Pilihlah perlengkapan yang memang dibutuhkan agar kamar terlihat indah dan nyaman. Tempatkan keranjang bayi atau tempat tidurnya, lemari baju, sofa dan meja kecil dengan pas. Di sini, sofa sendiri bermanfaat untuk ibu ketika hendak menyusui bayi. Sedangkan meja kecil untuk menyimpan barang bayi agar mudah ketika dibutuhkan.

 

5. Dekorasi kamar bayi
Dengan memberikan hiasan gambar kartun atau wallpaper lucu pada dinding kamar, dapat memberikan kenyamanan dan keindahan dalam ruangan kamar bayi. Bisa juga dengan memasang foto orangtuanya ataupun foto bayi.

Bisa ditambahkan juga boneka sebagai pemanis. Saat bayi tumbuh besar, berikanlah gantungan boneka dan aneka hiasan di atas tempat tidurnya untuk membantu menstimulasi motorik sang buah hati dalam masa pertumbuhan.*

 

Baca : Ciptakan Ruang Keluarga Ramah Anak