Sulap Hunian Minimalis Menjadi Hunian Mewah

Sulap Hunian Minimalis Menjadi Hunian Mewah

Senin, 04 Maret 2019 15:33 Dede Hadiyana Interior



Koropak.co.id - Rumah minimalis type 36 sekarang ini menjadi pilihan favorit. Akan tetapi, hunian mungil tersebut bukan berarti tidak dapat terkesan hunian yang mewah karena ukuran dan terbatasnya lahan yang ada.

Dengan penataan serta rancangan yang tepat, bermodalkan hunian seluas 36 meter persegi tersebut dapat mewujudkan rumah minimalis menjadi hunian yang mewah dan berikut rangkumannya yang dikutip dari dekoruma.

 

1. Pemainan level pada type 36
Rumah minimalis terkesan tidak dapat terlihat menarik dan megah bagi sebagian orang. Ternyata, hal itu dapat disiasati dengan bermain pada ketinggian level bangunan dengan memberikan efek visual agar terlihat seperti dua lantai.

Ketinggian yang dimiliki bangunan rumah minimalis bisa dimanfaatkan untuk mengambil kesan hunian yang memiliki ruangan lebih luas serta menangkat udara disetiap ruangannya menjadi jauh lebih nyaman.

 

 

Koropak.co.id - Sulap Hunian Minimalis Menjadi Hunian Mewah (2)

 

Baca : Memanfaatkan Lahan Terbatas Pada Hunian Minimalis


2. Hindari pemilihan warna gelap pada interior
Salah satu trik untuk membuat ruangan mungil pada hunian minimalis agar tidak terasa sesak dengan tidak mengaplikasikan warna-warna gelap baik pada dinding, lantai, maupun plafond ruangan. Pasalnya, warna terang pada setiap ruangan cenderung akan memberikan efek leluasa dan terkesan lebih mewah.

Selain warna gelap, hindari juga penggunaan pola-pola besar dan berlebihan seperti pada wallpaper dan karpet pada ruangan yang sederhana karena akan memberikan kesan sempit. Pemilihan wallpaper dinding baiknya senada dengan karpet yang didominasi dengan warna netral atau polos.

 

3. Pencahayaan yang maksimal
Berikut ini merupakan salah satu cara lainnya yakni memberikan pencahayaan yang maksimal agar membuat ruangan terkesan lebih luas dan mewah. Hal ini penting untuk membantu sirkulasi udara pada setiap ruangan berukuran mungil tersebut.

Terkadang, keterbatasan lahan yang ada menjadi kendala untuk memanfaatkan bukaan vertikal yang umumnya pada bagian dinding akibat rumah yang saling berhimpitan. Untuk itu, jangan ragu untuk memanfaatkan skylight agar mendapatkan tambahan cahaya dari atas ruangan.

 

Koropak.co.id - Sulap Hunian Minimalis Menjadi Hunian Mewah (3)

 

Baca : Desain Tangga Rumah Sempit Paling Kreatif


4. Ceiling tinggi beri kesan luas dan mewah
Berkaitan dengan poin pertama, menaikkan ketinggian ceiling atau langit-langit pada ruangan akan memberikan kesan luas dan mewah. Ruang-ruang yang terbuka tanpa sekat adalah pilihan ruangan paling pas untuk mengaplikasikan langit-langit ruang yang tinggi.

Apabila terdapat ruangan yang terbilang sempit, tidak diharuskan mengaplikasikan hal tersebut karena akan membuat ruangan tidak terasa proporsional.

 

5. Tambahkan dekoratif mewah
Meskipun hunian minimalis memiliki ruangan yang sangat terbatas, bukan berarti tidakbisa berkreasi dengan material atau dekorasi-dekorasi yang mewah. Aplikasikan elemen dekoratif yang tidak akan memakan ruang seperti lukisan, jam dinding, atau poster kanvas.

Lampu kristal sederhana pada ruang-ruang utama dengan ceiling yang sudah ditinggikan juga dapat diaplikasikan. Adanya elemen dekoratif pada ruang tamu kecil dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan terkesan lebih mewah serta menarik.*

 

Baca : Trik Sederhana Percantik Taman Mungil