Atasi Udara Panas Saat Musim Kemarau

Atasi Udara Panas Saat Musim Kemarau

Rabu, 13 Maret 2019 19:07 Dede Hadiyana Inspirasi



Koropak.co.id - Pada saat tiba musim kemarau, suhu udara akan panas, membuat suasana di dalam rumah terasa kurang nyaman. Apalagi, jika sambil melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya di siang hari, pada waktu malam pun akan terasa gerah. Untuk menyiasatinya, Koropak telah menyiapkan rangkuman solusi agar suhu dalam ruangan rumah terasa sejuk dan nyaman pada saat musim kemarau.

1. Ventilasi silang
Setiap hunian pastinya memiliki beberapa titik vintilasi guna mengatur sirkulasi keluar masuknya udara pada ruangan. Agar sirkulasi lebih baik, buat ventilasi silang dengan posisi pintu yang berhadapan dengan jendela pada dinding yang berlawanan arah atau pun sebaliknya. Disarankan, mulai pukul 05.00 hingga 08.00 WIB, baiknya buka semua jendela dan pintu saat udara belum tersentuh oleh matahari. Lebih dari itu, batasi jumlah pintu dan jendela yang terbuka.

 

Koropak.co.id - Atasi Udara Panas Didalam Rumah Saat Musim Kemara (6)

 

Baca : Tanaman Berdaun Untuk Dekorasi Interior


2. Gunakan bahan tekstil berwarna putih atau terang
Warna terang memiliki sifat memantulkan cahaya, sedangkan warna gelap memiliki sifat sebaliknya yakni menyerap cahaya. Baiknya, ganti kain gorden, karpet, sprei, atau sarung bantal dengan kain berwarna putih agar suhu ruangan tidak bertambah panas.

 

3. Gunakan atap berwarna putih
Berdasarkan pengamatan bahwa es atau salju cenderung memantulkan sinar ultra violet dibandingkan dengan laut yang cenderung menyerapnya. Sebagian masyarakat di negara lain berupaya mengatasi berkurangnya daratan es dengan cara mengecat atap rumah mereka dengan warna putih. Cara tersebut diyakini dapat memantulkan panas serta mengurangi pemanasan global.

 

 

Koropak.co.id - Atasi Udara Panas Didalam Rumah Saat Musim Kemara

 

 

Baca : Ciptakan Suasana Interior Tampak Sejuk

4. Tanaman di depan jendela
Dengan menyimpan beberapa tanaman dalam pot di depan jendela rumah, hal tersebut dapat membantu mengatasi udara panas yang masuk ke ruangan. Tanaman-tanaman tersebut akan melepaskan O2 melalui proses respirasi, sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk dan segar.

 

5. Hiasi dinding dengan tanaman vertikal
Cara ini sudah banyak digunakan di kota besar yang memiliki suhu udara cukup panas. Tidak sedikit taman vertikal ini dipasang pada dinding-dinding gedung bertingkat agar tidak memantulkan udara panas ke sekelilingnya. Apabila memiliki rumah dikelilingi dinding tinggi yang menyilaukan mata jika terkena sinar matahari. Atasi hal tersebut dengan membuat taman vertikal pada dinding.*

 

Baca : Persiapkan Hunian Menghadapi Musim Hujan

 

Berita Terkait