Elemen Eksterior Rumah Agar Tampil Stand Out

Elemen Eksterior Rumah Agar Tampil Stand Out

Jum'at, 29 Maret 2019 08:48 Kemala Adiyatma Exterior


 

Koropak.co.id- Pernahkah kamu takjub dengan melihat rumah di pinggir jalan? sampai rela berhenti atau mengurangi kecepatan kendaraanmu untuk melihat jelas rumah yang begitu memukau.

Sebenarnya, tidak karena rumah itu besar atau gedongan saja yang selalu memberikan impresi seperti itu. Jika rumah yang sederhana tetapi sangat memperhatikan elemen-elemen pada eksterior rumah dan menerapkan desain arsitektur yang tepat, eksterior rumah akan lebih memukau. Kamu juga bisa menyesuaikan desainnya dengan budget yang kamu miliki. Dan berikut ini elemen-elemen penting yang harus kamu perhatikan.

 

1. Padukan warna cat untuk eksterior rumah
Warna cat sangatlah penting karena, cat bisa menyembunyikan bagian-bagian bangunan yang dirasa kurang sempurna. Jika kamu salah memilih cat maka akan nampak semakin jelas kekurangan yang harusnya ditutupi. Warna netral yang lain seperti abu-abu dan hitam diaplikasikan pada bagian kusen dan pintu garasi.

 

2. Pintu masuk yang welcoming
Berikan warna yang berbeda pada pintu masuk sebagai petunjuk letak area masuk. Misalnya, dengan memilih pintu yang berwarna orange di antara berpaduan warna eksterior rumah yang lebih di dominasi oleh warna-warna gelap.

 


Koropak.co.id - Elemen Eksterior Rumah Agar Tampil Stand Out (2)

 

Baca : Cara Memberi Pencahayaan Yang Tepat Untuk Taman

 

3. Model jendela
Model jendela dapat merefleksikan gaya arsitektur bangunan secara keseluruhan. Dengan model jendela ada ragamnya seperti jendela yang modern, kontemporer, atau minimalis, harus memiliki fungsi yang lengkap. Jendela rumah juga harus bisa memperlihatkan indahnya pemandangan luar rumah.

 

4. Memilih atap yang tepat
Memilih material atap harus yang berkualitas tinggi, seperti tahan lama, tahan air, dan tahan terhadap sengatan sinar matahari. Kamu juga bisa memilih berbagai material atap berkualitas dengan varian harga yang berbeda-beda berbahan keramik, beton, atap galvalum, atap spandek hingga seng.

 

5. Pencahayaan jadi prioritas
Pencahayaan eksterior rumah berfungsi menjadikan kenyamanan dan mengamankan bangunan itu sendiri serta dapat memudahkan aktivitas luar ruangan pada sore dan malam hari. Selain itu, pencahayaan juga sebagai penerang sudut-sudut eksterior rumah yang gelap, sehingga bisa memantau keadaan diluar rumah dengan jelas.*

 

Baca : Rumah Kayu Impian Keluarga Indonesia

 

Berita Terkait