Rumah Adat Modern, Tak Tinggalkan Tradisi

Rumah Adat Modern, Tak Tinggalkan Tradisi

Jum'at, 19 April 2019 15:22 Dede Hadiyana Inspirasi



Koropak.co.id - Rumah adat Jawa Barat atau Sunda, hingga saat ini masih menjadi primadona bagi masyarakat adat, bahkan masyarakat sipil pada umumnya. Dengan desain yang memukau, rumah adat Sunda bisa dijadikan referensi untuk rumah modern namun dengan tema minimalis modern.

Dikutip dari Polarumah, rumah adat Jawa Barat memang memiliki ciri serta karakteristik tersendiri dengan desain rumah bentuk panggung yang menjadikan banyak anggapan bahwa rumah panggung akan memberikan nuansa tradisional bagi penghuninya. Berikut beberapa rangkuman adopsi rumah adat Jawa Barat modern.

 

Baca : Para pecinta rumah pastinya sepakat bahwa di antara rumah yang dibangun dengan berbagai material, rumah kayu merupakan pilihan ternyaman di dunia. Dengan hampir 100 persen menggunakan material kayu, tidak hanya menghadirkan nuansa alam saja, akan tetapi memberikan kenyamanan dan kesejukan tersendiri.

 

 

Koropak.co.id - Rumah Adat Modern, Tak Tinggalkan Tradisi (2)

1. Model Badak Heuay
Desain rumah adat sunda modern yang pertama ini mengadopsi rumah adat sunda bbadak heuay. Terlihat sangat tradisional, seiring bentuk bangunannya yang masih kental dengan adat sunda zaman dulu.

Dengan desain seperti bentuk seekor badak sedang menguap dan membuka mulutnya, rumah ini terdiri dari bagian atap yang besar pada posisi belakang dan bagian atap kecil menudungi diposisi depan rumah yang sering digunakan untuk menerima tamu laki-laki. Jika model badak heuay jadi pilihan, baiknya harus memiliki luas area lahan yang cukup panjang mensikpun tampak sederhana.


Baca : Tanaman Hias Untuk Teras Rumah

 

 

Koropak.co.id - Rumah Adat Modern, Tak Tinggalkan Tradisi (3)

2. Model Suhunan Jolopong
Pada umumnya, desain rumah suhunan jolopong ini terdapat di beberapa kawasan wisata yang dijadikan sebagai sebuah tempat makan. Rumah yang memiliki bentuk sangat sederhana ini banyak dijumpai di daerah-daerah cagar budaya yang biasanya terdapat di desa-desa.

Model yang satu ini tentunya masih banyak diminati oleh sebagian besar suku sunda. Meskipun terlihat sangat tradisional, tapi rumah tersebut banyak juga diminati sebagian orang besar karena dapat memberikan sentuhan alam sehingga akan membuat penghuninya merasakan kenyamanan suasana alami.

 

Baca : Rumah Berwarna Pastel

 

Koropak.co.id - Rumah Adat Modern, Tak Tinggalkan Tradisi (4)

3. Model Capit Gunting
Selanjutnya yakni rumah adat sunda ya ng dikenal dengan nama rumah adat capit gunting dan nama istilah tersebut diambil karena pada bagian atap rumah terdapat bentuk seperti gunting dengan ujung atap yang saling menyilang.

Rumah yang memiliki bentuk cukup sederhana ini masih cukup banyak diminati sebagian besar orang. Sebenarnya, sebuah persilangan tersebut nyatanya memberikan nilai estetika yang menjadikan tampilannya lebih menarik. Namun, dengan catatan lebih mengedepankan desain yang sempura sehingga akan menghadirkan tampilan yang sempurna juga akhirnya.*

 

Baca : Elemen Eksterior Rumah Agar Tampil Stand Out