Bersiap, Meja Makan Akan Penuh Saat Lebaran

Bersiap, Meja Makan Akan Penuh Saat Lebaran

Kamis, 30 Mei 2019 20:21 Eris Kuswara Inspirasi



Koropak.co.id - Hal yang sudah menjadi tradisi saat Hari Raya Idulfitri adalah menyantap makanan khas lebaran. Guna menyambutnya, tentu menata ulang meja makan menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan menjelang lebaran tiba.

Mendekorasi meja makan saat Lebaran tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal dan dekorasi serba baru. Untuk menciptakan meja makan yang cantik dan menarik, berikut Koropak telah menyiapkan beberapa tips menata meja makan dengan cara yang praktis.

1. Gunakan center point di tengah meja makan
Berikan satu titik fokus di tengah meja makan untuk memberikan fokus penglihatan. Misalnya, dapat berupa vas bunga atau lilin. Namun, perlu diperhatikan penggunaan lilin atau vas bunga jangan sampai terlalu tinggi sehingga menganggu kontak pandangan antar tamu.

 

2. Perhatikan standar baku piranti makan.
Piranti makan yang Anda gunakan harus disesuaikan dengan makanan yang akan dihidangkan. Misalnya, jika Anda menghadirkan makanan berupa sup, tentu harus disertakan mangkok dan sendok sup, atau jika Anda menghadirkan makanan utama berupa nasi sediakan sendok dan garpu.

 

 

Koropak.co.id - Bersiap, Meja Makan Akan Penuh Saat Lebaran (3)

 

Baca : Cara Cerdas Siasati Ruang Makan Mungil

3. Berani berkreasi dengan berbagai gaya.
Anda bisa memilih dekorasi modern atau dekorasi klasik untuk menata meja makan Anda. Penerapan klasik misalnya bisa diterapkan pada piranti makanan. Sedangkan dalam pemilihan warna bisa saja Anda menghadirkan warna klasik Lebaran yang mengikuti adat ketimuran, yakni hijau-kuning selaras dengan warna makanan khas lebaran, yakni opor dan ketupat.

 

4. Perhatikan pencahayaan
Pencahayaan pada ruang makan juga perlu diperhatikan sebab cahaya yang dihasilkan pada lampu mampu membangun suasana yang ingin dihadirkan. Khususnya pada malam hari. Bukan hanya penerangan lampu yang terletak di atas plafon, Anda dapat menambah penerangan dengan intensitas cahaya mencukupi.*

 

Baca : Siasati Ruang Makan Pada Hunian Minimalis