Kiat Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Kiat Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Jum'at, 31 Mei 2019 18:22 Clara Aditia Inspirasi



Koropak.co.id - Lebaran kurang sepekan lagi. Bagi masyarakat yang merantau, tentunya saat ini tengah mulai bergegas mudik. Terlebih puncak mudik diprediksi akan terjadi pada Sabtu (1/6/2019) dan Minggu (2/6/2019).

Sebagaimana disampaikan Kasatlantas Polres Tasikmalaya Kota, AKP Andriyanto saat dijumpai Koropak di lokasi kecelekaan Bis Doa Ibu di bilangan Jalan Raya Cibatu Limbangan Garut, Selasa (28/5/2019), saat ini arus lalu lintas mulai mengalami peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

"Diperkirakan akan terjadi lonjakan kendaraan pada puncak arus mudik yang akan terjadi pada Sabtu dan Minggu. Kami mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik agar mempersiapkan kendaraannya supaya prima. Begitu pula kesehatan jasmani dan kebugaran fisiknya," katanya.

Namun, bukan hanya siaga ketika diperjalanan saja yang harus dipersiapkan, pemudik juga harus mempersiapkan segala sesuatu sedetail mungkin. Termasuk memastikan rumah ditinggalkan dalam kondisi yang aman.

 

 

Koropak.co.id - Kiat Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik (1)

 

Baca : Doa Ibu Seruduk 3 Mobil Di Tasikmalaya

Lantas, apa saja yang harus disiapkan agar rumah dapat dipastikan aman saat ditinggal mudik? Berikut Koropak telah merangkumnya.

1. Pastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik
Sebelum berangkat mudik, pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci rapat. Jika perlu, tambahkan kunci pengaman untuk memastikan rumah dalam keadaan aman. Selanjutnya, jangan lupa bawa kunci dan simpan dengan baik.

2. Lapor RT, RW, satpam atau tetangga
Lapor kepada RT, RW, atau satpam perumahan sesaat sebelum mudik. Para kepala lingkungan dan pengawas keamanan tersebut diyakini dapat membantu mengawasi dan menjaga rumahmu supaya tetap dalam keadaan aman.

3. Matikan seluruh aliran listrik di rumah
Satu yang paling penting sebelum berangkat mudik, kamu perlu memastikan aliran listrik dalam keadaan padam. Kamu bisa mematikan semua saklar dan melepas semua kabel peralatan elektronik dari stop kontak. Tujuannya untuk mencegah potensi kebakaran akibat arus pendek listrik.

4. Lepas regulator dari tabung gas elpiji
Tabung gas juga menjadi hal yang cukup vital saat rumah dalam keadaan kosong. Pastikan kamu melepas regulator dari tabung gas. Setelah dilepas, pastikan tidak ada kebocoran gas saat regulator dilepas.

5. Matikan saluran air dan keran
Selain aliran listrik dan gas, kamu juga perlu memastikan semua saluran air dan keran dalam keadaan mati. Tujuannya supaya tidak membuang air dengan sia-sia. Kalau kamu menggunakan PAM, air yang terus mengalir, meski sedikit, bisa membuat tagihanmu membengkak.*

 

Baca pula : Bersiap, Meja Makan Akan Penuh Saat Lebaran