Fakta Desain Interior Mezzanine

Fakta Desain Interior Mezzanine

Selasa, 06 Februari 2018 06:30 Eris Kuswara Interior


 

Hadirkan Konsep Interior Rumah Nyaman

Koropak.co.id - Dalam menyiasati sebuah hunian yang memiliki ruangan sempit dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menerapkan desain interior mezzanine pada sebuah hunian tersebut. Konsep mezzanine yang merupakan serapan dari bahasa Italia yaitu mezzano yang artinya tengah itu sudah cukup lama diterapkan oleh banyak pengguna.

Salah satu alasan teknik mezzanine ini banyak diminati oleh semua orang, karena pada proses pengaplikasiannya tidak mengharuskan pemilik rumah untuk merombak total seluruh bangunan rumahnya. Hal tersebut dikarenakan pengaplikasian konsep desain interior mezzanine ini hanya membutuhkan perombakan pada bagian dalam rumahnya saja, tanpa perlu mengubah fasadnya. Apabila Anda tertarik untuk menerapkan konsep mezzanine dalam hal memperluas ruangan di dalam rumah, maka berikut beberapa fakta menarik yang terdapat pada konsep desain ini.

 

Fakta Desain Interior Mezzanine

1. Tidak full ruangan
Mengingat bahwa konsep mezzanine ini yang merupakan lantai tambahan dalam rumah, maka lantai tambahan tersebut juga tidaklah seluas lantai asli pada bangunan rumah tersebut. Sehingga alangkah baiknnya bila difungsikan hanya sebagai ruang tambahan agar tidak membuat penuh rumah yang berukuran kecil.

2. Material rumah merupakan elemen penting
Apabila rumah Anda akan diberikan lantai tambahan, maka Anda juga perlu memastikan bahwa material yang digunakan kuat menahan beban tambahan dari lantai mezzanine. Selain itu bahan yang akan digunakan untuk membuat mezzanine pun tidak boleh sembarangan karena sifatnya yang terkesan semi permanen.

 

Fakta Desain Interior Mezzanine

 

3. Ketinggian rumah wajib diperhatikan
Untuk mempermudah pembuatan lantai mezzanine, ketinggian lantai dan atap rumah juga menjadi faktor penting yang wajib untuk diperhatikan. Karena pada pasalnya, lantai mezzanine ini baru bisa diterapkan pada rumah yang memiliki jarak ketinggian lantai dan atap minimal 5 meter. Semakin tinggi jarak tersebut, semakin baik proses pembuatan lantai mezzanine. Selain itu jarak antara lantai mezzanine dengan atap rumah pun tidak boleh terabaikan. Mengingat juga apabila jaraknya terlalu dekat, maka akan membuat kepala terbentur atap rumah ketika Anda berdiri.

Demikianlah beberapa fakta mengenai desain interior mezzanine tersebut, semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda yang menginginkan pengaplikasian konsep desain tersebut di rumah.*

 

Berita Terkait