Wajib Dicoba, Inilah Bahan Alami Untuk Membersihkan Rumah

Wajib Dicoba, Inilah Bahan Alami Untuk Membersihkan Rumah

Jum'at, 13 September 2019 07:04 Wanda Kurnia Inspirasi



Koropak.co.id - Rumah nyaman merupakan impian setiap insan. Bukan soal besar atau kecilnya, melainkan rumah yang bersih, sehat, dan rapihlah yang menjadikannya rumah impian. 

Untuk membersihkan rumah pasti membutuhkan pembersih kemasan saat membersihkan rumah, padahal beberapa produk pembersih mengandung bahan kimia yang tidak ramah lingkungan.

Namun ternyata ada beberapa bahan alami dari dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Berikut Koropak telah merangkum beberapa bahan alami yang bisa jadi solusi untuk membersihkan rumah.

1. Air Lemon
Selama ini mungkin perasan air lemon hanya sebatas untuk membersihkan minyak pada peralatan masak, selain itu air lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerak dan noda air pada keran dan pancuran mandi. Cukup siapkan irisan kulit lemon dan gosok merata pada permukaan keran air dan pancuran mandi lalu bilas dengan dengan air hangat.

 

2. Baking Soda
Baking Soda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan panci, bahkan membersihkan toilet. Caranya cukup mudah yaitu taburkan sedikit baking soda ke dalam toilet lalu sikat secara merata, baking soda dapat mengangkat kotoran yang susah dibersihkan sehingga tugass bersih-bersih menjadi lebih ringan.

 

Koropak.co.id - Wajib Dicoba, Inilah Bahan Alami Untuk Membersihkan Rumah (2)

 

Baca : Kiat Mudah Menata dan Menyimpan Peralatan Dapur

3. Cuka Putih
Cairan cuka putih ternyata bisa digunakan untuk membersihkan lantai kayu, selain itu cuka putih juga merupakan desinfektan efektif untuk membersihkan permukaan yang terkena noda tanpa meninggalkan bau. Untuk membersihkan noda campurkan 30 milimiter cuka putih dengan keasaman 10 persen dengan 3 liter air, kemudian gunakan cairan tersebut untuk mengepel lantai.

 

4. Beras
Beras juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan rumah, caranya cukup letakkan sesendok beras mentah yang dicampur dengan air hangat dan deterjen di sebuah piring kecil lalu diamkan sejenak. Aduk bahan hingga merata, setelah itu kamu bisa menggunakan campuran tersebut untuk membersihkan bagian dalam perabot yang sulit dijangkau seperti bagian dalam vas keramik.

 

5. Garam
Garam ternyata sangat efektif untuk membersihkan permukaan benda yang berminyak dan lengket seperti oven dan kompor. Caranya pun sangat mudah cukup taburkan garam pada permukaan yang terkena minyak dan lengket lalu diamkan sekitar 10-15 menit, setelah selesai permukaan oven maupun kompor yang berminyak dan lengketpun akan mudah untuk dibersihkan.*

 

Baca pula : Membersihkhan Properti Kamar Mandi Dengan Tepat

 

Berita Terkait